Nasional

20 Ribu Personil Amankan Aksi 299, Polda Metro: Kita Juga Tidak Underestimate

Oleh : very - Rabu, 27/09/2017 18:22 WIB

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono. (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepolisian menyatakan siap melakukan pengamanan aksi demonstrasi yang akan digelar sejumlah ormas pada Jumat (29/9) mendatang. Sebanyak 20 ribu personil disiagakan untuk menjaga aksi tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan pengerahan ribuan personel dari berbagai satuan Polri merupakan hal yang biasa dalam mengamankan Ibu Kota Negara.

"Itu untuk stand by saja, kita juga tidak underestimate, kita over estimated saja untuk pengamanan ibu kota," katanya di Jakarta, Rabu (27/9).

Argo menjelaskan bahwa pengerahan personel sebesar itu merupakan prosedur tetap (protap) yang biasa dilakukan kepolisian untuk mengamankan ibu kota dari aksi massa yang akan terjadi. Pengamanan Ibu Kota Jakarta sudah memiliki Standard Operating Procedure (SOP) kepolisian tersendiri.

"Biasa saja protap seperti itu. Hal yang biasa untuk mengamankan ibu kota. Untuk mengamankan ibukota kita tentu punya SOP," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis mengatakan siap mengamakan aksi pada Jumat mendatang.

"Tanggal 29 September, rencananya beberapa elemen masyarakat akan melakukan demo di gedung DPR dan MPR, kita juga telah menyiapkan anggota pengamanan sebanyak 20 ribu personel," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis di Mapolda Metro Jaya, Selasa (26/9).

Sebanyak 20 ribuan personel itu, kata Idham, terdiri dari personel Kepolisian dan TNI. Bahkan, Idham menyatakan akan menurunkan bantuan pasukan Brimob dari daerah lain.

"Juga kami mendatangkan Brimob nusantara 50 SSK (Satuan Setingkat Kompi) sekarang berdatangan dan kami tempatkan di beberapa titik lokasi strategis," ujarnya.

Meski demikian Idham menyatakan tidak ada ancaman khusus terkait aksi tersebut. Hal itu dilakukan hanya menjalankan tugas untuk mengamankan kota Jakarta supaya aman dan tertib.

"Kita tidak akan menganggap sepele. Kita betul menyiapkan supaya kepolisian sama TNI amankan tertib demo itu," kata Idham.

Idham mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakan demo dengan tertib. (Very)

 

Artikel Terkait