Daerah

Soekarwo Pastikan Khofifah Daftar Melalui Partai Demokrat Jatim

Oleh : very - Senin, 02/10/2017 12:59 WIB

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo. (Foto: Sayangi.com)

Surabaya, INDONEWS.ID - Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo mengakui bahwa Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bakal ikut meramaikan bursa pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Hal ini setelah Khofifah resmi mengambil formulir Cagub dan mendaftar melalui DPD Partai Demokrat Jatim.

“Iya sudah ambil (formulir Cagub) di DPD kemarin (Sabtu) malam,” ungkap pria yang akrab disapa Pakde Karwo seperti dikutip Lensaindonesia.com, Minggu (1/10/2017).

Pakde Karwo mengatakan, dirinya tidak berada di kantor DPD saat utusan Khofifah mengambil formulir pendaftaran. “Yang menerima ada teman-teman panitia,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Desk Pilkada sekaligus Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio juga membenarkan hal itu. Khofifah telah mengambil formulir saat hari terakhir perpanjangan waktu pendaftaran Cagub-Cawagub yang diberikan oleh DPP Partai Demokrat.

“Iya betul Bu Khofifah sudah ambil formulir di partai kami (Demokrat). Saya yang menerima, dari pihak beliau yang mengambilkan formulir adalah tim resminya dengan menyertakan surat kuasa dari Bu Khofifah. Mereka berjumlah dua orang, datang ke DPD sekitar jam 19.00 WIB,” kata Renville.

Pihaknya menegaskan dengan berakhirnya masa perpanjangan pendftaran yang diminta DPP ini, maka pihak Khofifah dipersilahkan mengembalikan formulir pendaftaran Cagub kepada DPP Partai Demokrat di Jakarta.

“Intinya kami telah melaksanakan perintah DPP untuk kembali membuka pendaftaran dan yang daftar terakhir hanya beliau (Khofifah). Untuk selanjutnya, pengembalian formulir silahkan langsung komunikasi dengan DPP, entah diterima atau tidak yang memutuskan DPP,” ujar Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim ini.

Hingga saat ini total calon yang telah mendaftar di Demokrat Jatim mencapai 6 orang, yaitu Saifullah Yusuf (Gus Ipul), La Nyalla M Mattalitti, Nurwiyatno, Nurhayati Ali Assegaf dan Kombes Pol Syafiin yang mendaftar di tahap pertama beberapa bulan lalu. Terakhir yang mendaftar di tahap kedua yaitu Khofifah Indar Parawansa.

Peta persaingan Pilkada Jatim akan berlangsung seru. Diperkirakan akan ada tiga koalisi besar, mulai dari PDIP-PKB yang dikabarkan sudah hampir pasti akan mengusung Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Sedangkan Demokrat dikabarkan akan berkoalisi dengan Golkar, PPP, NasDem dan Hanura mengusung nama Khofifah Indar Parawansa.

Sedangkan Partai Gerindra, PKS dan PAN diberitakan bakal mengusung Cagub sendiri. (Very)

 

Artikel Terkait