Pojok Istana

Presiden Tegaskan Moratorium Pembentukan DOB Masih Berlanjut

Oleh : very - Sabtu, 07/10/2017 11:24 WIB

Presiden Jokowi menggunakan pakaian adat menjawab pertanyaan wartawan. (Foto: Setkab.go.id)

Tanjung Selor, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah masih melanjutkan moratorium pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB). Hal itu terkait ABPN yang harus disiapkan dalam pembentukan DOB. Namun, Presiden memastikan terus menampung usulan pembentukan DOB tersebut.

“Sampai saat ini masih moratorium, tetapi usulan-usulan dari daerah semuanya ditampung. Sudah kita petakan untuk ditampung terlebih dahulu karena menyangkut APBN. Kan mau tidak mau kalau ada daerah otonomi khusus baru mesti suplai anggarannya dari pusat,” ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan, di Lapangan Agatish, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, usai penyerahan KIP dan PKH, Jumat (6/10/2017).

Lebih lanjut, Presiden menjelaskan bahwa selain di Provinsi Kalimantan Utara yang mengajukan 5 DOB yang terdiri dari 3 kabupaten dan 2 kota, ada daerah lain yang juga mengajukan DOB dan masih ditampung oleh pemerintah pusat.

“Total seingat saya ada hampir 276, banyak sekali. Jadi sekali satu diberi, yang lain pasti ngejar-ngejar. Ini masih semuanya ditampung, dihitung, kemungkinan dari APBN, kemungkinan daerah itu bisa membiayai sendiri,” ungkapnya. (Very)

 

 

Artikel Terkait