Pojok Istana

Presiden Jokowi Lantik Gubernur DIY di Istana Negara Sore Ini

Oleh : very - Selasa, 10/10/2017 10:55 WIB

Presiden Joko Widodo dan Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Setkab.go.id)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, hari ini, Selasa (10/10/2017).

Juru Bicara Istana Kepresidenan Johan Budi Sapto Pribowo mengatakan, pelantikan dilakukan di Istana Jakarta, bukan di Yogyakarta.

"Direncanakan besok sore (Selasa) di Istana Negara," ujar Johan, Senin.

Namun Johan belum memastkan jam pelantikan Sultan HB X tersebut.

Pernyataan Johan ini mengoreksi kabar yang sempat beredar sebelumnya bahwa pelantikan Sultan akan dilaksanakan pada 16 Oktober mendatang. Acara itu bersamaan dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Sebelumnya, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soemarsono mengatakan, pelantikan Sultan HB X akan berlangsung di Jakarta.

"Kebetulan ada waktu sore, Presiden ada, maka diagendakan, selama Pak Sultan siap dengan segala krunya termasuk DPRD. Akhirnya setelah komunikasi, jadwalnya siap jam 16.00, ya sudah dilakukan lah besok (Selasa)," kata Sumarsono, Senin (9/10).

Dia membantah berita yang menyebutkan bahwa pelantikan tersebut sempat tak jelas karena terkait masalah APBD DIY. Sumarsono mengatakan, pelantikan tersebut hanya terkait jadwal dari Presiden Jokowi.

Kementerian Dalam Negeri sempat menawarkan dua opsi kepada Presiden Joko Widodo terkait pelantikan Sri Sultan. Pertama, dilakukan pada tanggal masa jabatan Sri Sultan Hamengku Buwono X berakhir. Kedua menunggu pelantikan Anies.

Jika menunggu pelantikan Anies, maka Pemerintah Yogyakarta harus mencari pelaksana tugas. Sri Sultan telah menyatakan siap jika pelantikan diundur dan menjadi pelaksana tugas Gubernur DIY.

Seperti diketahui, masa jabatan Gubernur DIY periode 2012-2017 berakhir pada 10 Oktober 2017 hari ini. (Very)

 


Artikel Terkait