Nasional

Komisi III DPR Minta Kapolri Tetap Semangat Realisasikan Pembentukan Densus Tipikor

Oleh : hendro - Kamis, 19/10/2017 12:08 WIB

Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) (foto istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID- Terkait polemik pembentukan Densus Tipikor, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian agar tidak mengendurkan semangatnya untuk merelasisasikan Densus Tipikor.

Menurut Bamsoet semua pemangku kepentingan penegak hukum seperti KPK, Kejaksaan Agung dan Kementerian Hukum dan HAM setuju dengan rencana pembentukan Densus Tipikor.

"Bahkan seluruh anggota Komisi III DPR RI, mendukung Detasemen khusus tersebut sebagai respons atas perilaku tindak pidana korupsi yang semakin masif. Biarkan anjing menggonggong, khafilah terus berlalu," ujar Bamsoet di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Lebih lanjut Bamsoet berharap keberadaan Densus Tipikor tidak hanya fokus pada penindakan, tapi juga fokus pada aspek yang jauh lebih penting dan strategis yakni pencegahan dan upaya menumbuhkembangkan efek jera bagi siapa saja untuk berani dan mau menghindari korupsi.

Karena, kata Bamsoet, saat ini Indonesia seperti kehilangan akal untuk menumbuhkembangkan efek jera kepada para koruptor.

"Tersangka korupsi tidak malu ketika mereka ‘dipermalukan’ oleh status sebagai tahanan KPK. Vonis Pengadilan Tipikor pun tidak membuat para calon koruptor takut atau jera melakukan korupsi," pungkasnya.

Artikel Terkait