Nasional

Program Emas Biru dan Emas Hijau Bentuk Kontribusi Kodam XVI Pattimura Terhadap Pemerintah

Oleh : hendro - Selasa, 24/10/2017 23:32 WIB

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menjadi salah satu pembicara pada Acara Rembuk Nasional bidang Kemaritiman, Senin (23/10/2017)kemarin.

Rembuk Nasional tahun ketiga pemerintahan Jokowi - JK ini diharapkan dapat memberikan masukan sekaligus rekomendasi strategis kepada pemerintah agar dapat ditindaklajuti. Indonesia yang memiliki  kekayaan  sumberdaya alam berlimpah,   perlu diimbangi dengan sumberdaya manusia yang andal dan berkualitas dalam mengelola semua potensi yang ada.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menjadi salah satu pembicara pada Acara Rembuk Nasional bidang Kemaritiman dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan yang berlangsung di Ruang Bromo, Lantai 6 Jakarta Internasional Expo (JIC) Kemayoran, Senin (23/7/2017)kemarin. 

Dalam paparannya, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo mengatakan,  pemanfaatan Potensi Sumberdaya Alam melalui program Emas Biru berkaitan dengan sektor kelautan dan perikanan yang dilaksanakan di Maluku difokuskan pada pengembangan budidaya. Kiranya perlu ada keseimbangan dalam pengelolaan sektor perikanan tangkap dan Budidaya.

Seperti dikutip dari pendam 16, adanya Kendala Nelayan tangkap, hanya memiliki 6 bulan waktu efektif melakukan aktifitas penangkapan sedangkan waktu sisanya tidak, tidak dapat melakukan aktifitas disebabkan kondisi cuaca buruk, belum musim tangkap, perbaikan alat tangkap dan kendala lainnya. Menurut Pangdam  kegiatan perikanan budidaya adalah solusi alternatif yang dapat dilakukan masyarakat agar memiliki penghasilan yang tetap dan berkesinambungan.

Selain itu Pangdam Doni menambahkan bahwa Program Emas Biru dan Emas Hijau yang dilaksanakan di Maluku dan Maluku Utara merupakan salah satu bentuk kontribusi Kodam XVI Pattimura terhadap pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat.

 

Artikel Terkait