Pojok Istana

Pasca Perppu Ormas Disahkan, SBY Bertemu Presiden Jokowi di Istana

Oleh : very - Jum'at, 27/10/2017 17:16 WIB

Presiden Joko Widodo bertemu Presiden keenam, Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara mendadak bertemu dengan Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Pasalnya, pertemuan SBY dan Jokowi ini diluar agenda kepresidenan yang dijadwalkan hari ini. 

Diberitakan Antara, SBY tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 14.00 WIB. Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyambut SBY di tangga samping Istana Merdeka, lalu mendampinginya memasuki Istana untuk bertemu dengan Presiden.

Sejumlah awak media dipersilahkan masuk dan berkumpul di kantor Presiden, yang berjarak hanya beberapa meter dari Istana Merdeka sebelum SBY memasuki ruangan. Sementara itu, terlihat petugas dari Istana Kepresidenan merapikan sofa, dan meja di beranda belakang Istana Merdeka. Tampak pula 10 bendera Merah-Putih diletakkan di belakang sofa.

Di veranda talk, Jokowi dan Prabowo duduk bersebelahan di sofa yang sama. Posisi duduk keduanya menghadap halaman belakang Istana Merdeka, yang berhadapan langsung dengan bagian depan Istana Negara.

Sesekali keduanya tampak tersenyum. Tak lama setelah mereka duduk, pramusaji Istana membawakan dua cangkir teh untuk dihidangkan. Ada juga camilan yang diletakkan di dua piring kecil.

Jokowi, yang mengenakan setelan jas berwarna hitam dan dasi merah, mempersilakan SBY mencicipi hidangan yang disediakan.

Belum diketahui apa saja yang dibincangkan keduanya. Pertemuan itu tampak santai. 

Pertemuan itu digelar usai pengesahan Perppu Ormas dalam sidang Paripurna di DPR, Selasa (23/10/2017) lalu. Partai Demokrat menyatakan mendukung pengesahan Perppu yang dimaksudkan untuk melindungi ideologi negara Pancasila. Namun, Partai Demokrat mensyaratkan revisi Perppu tersebut setelah disahkan menjadi UU Ormas.

Sebelumnya, SBY juga pernah dijamu Jokowi di Istana Kepresidenan. Terakhir kali SBY bertemu Jokowi dalam acara resmi saat peringatan HUT ke-72 RI.

Saat itu, para Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terdahulu berkumpul. Pertemuan saat itu berlangsung cair. (Very)

 

Artikel Terkait