Pojok Istana

Presiden Harap Sumpah Pemuda Jadi Semangat Abadi Pemuda Indonesia

Oleh : very - Sabtu, 28/10/2017 18:58 WIB

Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan peserta dalam acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/10). (Foto: Biro Pers Istana)

Jakarta, INDONEWS.ID - Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2017 yang pada tahun ini digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, berlangsung meriah namun tetap khidmat. Peringatan dengan mengusung tema "Kita Tidak Sama, Kita Kerja Sama" ini coba mengusung semangat untuk melakukan kontribusi nyata bagi kemajuan Indonesia tanpa memandang segala perbedaan.

Suasana yang berbeda tampak di Istana Kepresidenan Bogor. Lingkungan Istana yang biasanya terkesan kaku dan penuh penjagaan itu kini disulap menjadi sebuah lokasi tempat para anak muda berkumpul. Ratusan pemuda dengan beragam profesi, mulai dari pelajar, mahasiswa, vlogger, olahragawan, entrepreneur, seniman juga hadir di Istana Kepresidenan Bogor. 

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin melalui siaran pers, Sabtu (28/10/2017) mengatakan, ada banyak food truck, kursi dan meja untuk bersantai, serta sejumlah stand produk kreatif yang berdiri di halaman Istana.

“Para pengunjung yang sebagian besar memang terdiri atas anak muda itu tampak bebas beraktivitas dalam keramaian,” ujarnya.

Tiba pukul 09.10 WIB dengan bersepeda, Presiden disambut Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. Tak lama setelah itu, Presiden menyempatkan bermain bulutangkis berpasangan dengan Kevin melawan Gideon dan Gregoria.

Sebelum memulai acara, Presiden berjalan mengelilingi halaman belakang Istana, serta mengunjungi sejumlah stand. Presiden juga sempat berfoto dengan atlet bola basket, yakni Dodo, Falconi, Hardianus, Avan, Kevin.

Presiden Joko Widodo memang berharap peringatan Sumpah Pemuda ini menjadi semangat abadi para pemuda Indonesia.

"Kita ingin Sumpah Pemuda menjadi semangat abadi para pemuda Indonesia. Yaitu semangat kerja sama beragam pemuda dengan latar belakang yang berbeda," kata Presiden melalui rilis video bersama dengan rekan-rekan jurnalis yang dipublikasikan pada Sabtu, 28 Oktober 2017.

Oleh karenanya, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pada tahun ini memfasilitasi para pemuda Indonesia untuk dapat berinisiatif memberikan dan menyampaikan aspirasi tentang relevansi nilai Sumpah Pemuda dalam konteks terkini. Karena hal itu pula peringatan Sumpah Pemuda ke-89 ini memberikan ruang aspirasi yang besar bagi para pemuda Indonesia, utamanya yang bergerak di bidang ekonomi kreatif, untuk menunjukkan karyanya kepada Presiden Joko Widodo. (Very)

Artikel Terkait