Nasional

Bahas Kelanjutan Reklamasi Jakarta, Menteri ESDM Bertemu Gubernur DKI Jakarta

Oleh : luska - Kamis, 02/11/2017 13:11 WIB

Reklamasi Teluk Jakarta

Jakarta, INDONEWS.ID - Berkaitan dengan kelanjutan pembangunan proyek reklamasi Teluk Jakarta, Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mendatangi Balai Kota DKI, bertemu dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk membahas reklamasi.

Dikatakan Menteri ESDM, dirinya maupun Anies-Sandi sama-sama sudah mendapatkan masukan dari berbagai pihak tentang aspek reklamasi yang perlu ditata ulang.

“Bagaimana keputusan ke depan harus dilanjutkan kajian komprehensif dan tadi juga kami katakan bahwa bagus kalau bisa dipercepat kajian komprehensif itu, artinya mulai dari seluruh aspek dari legal, lingkungan, komersial, sampai pemanfaatan ke depan itu harus dikaji ulang,” jelasnya kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (2/11/2017).

Sudirman juga menjelaskan pulau yang sudah dibangun tidak mungkin dibongkar. Kemungkinan besar pulau tersebut bakal dimanfaatkan sesuai aturan yang berlaku.

“Kalau dibongkar akan menimbulkan masalah lingkungan. Itu yang saya sebut harus dicek ke belakang Kepresnya gimana, UU-nya gimana, Pergubnya gimana, harus ada suatu harmonisasi,” jelasnya.

Jadi, lanjutnya, inti dari penghentian reklamasi yang selama ini digaungkan Anies-Sandi adalah menghentikan reklamasi yang belum dibangun bukan turut membinasakan yang sudah jadi.

"Yang dimaksud dari menghentikan itu, yaitu menghentikan pulau-pulau yang akan dibangun. Kalau yang sudah dibangun ya dialihfungsikan, dimanfaatkan," jelasnya. (Lka)

Artikel Terkait