Bisnis

Kementerian ESDM Raih Predikat Terbaik Pengelolaan Aset pada 2016

Oleh : very - Kamis, 02/11/2017 20:40 WIB

Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meraih predikat kinerja terbaik (juara umum) dalam pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) di ajang BMN Award yang dilangsungkan oleh Kementerian Keuangan di Gedung Dhanapala, Jakarta, Kamis (2/11/2017). (Foto: esdm.go.id)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meraih predikat kinerja terbaik (juara umum) dalam pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) di ajang BMN Award yang dilangsungkan oleh Kementerian Keuangan di Gedung Dhanapala, Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Dalam kategori ini Kementerian ESDM bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) serta Kementerian Keuangan mendapatkan nilai tertinggi sebagai Kementerian/Lembaga (K/L) sehingga berhak menyandang juara umum.

BMN Awards 2016 ini merupakan kali kelima diselenggarakannya. Adapun indikator kinerja pengelolaan BMN yang dijadikan sebagai dasar pemberian BMN Awards meliputi kinerja K/L dalam melakukan utilisasi BMN, tingkat kepatuhan pelaporan BMN, dan capaian sertipikasi BMN. Selain itu, pada tata kelola berkesinambungan (continuous improvement) dalam pengelolaan BMN dan tingkat keaktifan dalam berkolaborasi (peer colaboration) dengan pengelola barang dalam meningkatkan kualitas pengelolaan BMN.

Kementerian Keuangan menilai sebanyak 87 Kementerian/Lembaga dalam enam kategori. BMN Awards untuk kali kelima ini mengusung tema “Kerja nyata optimalisasi aset negara untuk kesejahteraan rakyat”.

"Pemberian anugerah BMN Awards ini merupakan apresiasi kepada seluruh K/L dalam rangka mengelola BMN. Kementerian Keuangan memberikan penghargaan berupa BMN Awards kepada kementerian dan lembaga yang terbaik pengelolaan BMN-nya," ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam sambutannya.

Sri Mulyani berpesan agar penghargaan ini menjadi momentum bagi pemerintah untuk merefleksikan kembali pencapaian kinerja selama ini. "Acara ini waktunya tepat untuk kita semua sebagai pemerintah untuk refleksi kembali atas apa yang telah dilakukan dan dicapai. Dulu kita memulainya dengan inventarisasi, diinventarisasi dulu lalu didokumentasikan," kata Sri Mulyani seperti dikutip dari siaran pers Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM.

Sri Mulyani berharap pengelolaan BMN dapat lebih optimal lagi dengan memacu BMN-BMN yang tidak dimanfaatkan karena akan menjadi beban Negara. Ia juga berharap seluruh K/L tidak mengedepankan ego dalam mengelola BMN. "Jaga dan pelihara BMN seperti barang sendiri, tapi jangan ditilep," pesan Sri Mulyani.

BMN Awards 2017 memberikan penghargaan dalam 6 (enam) kategori yaitu Utilisasi BMN; Kepatuhan Pelaporan BMN; Sertifikasi BMN; Peningkatan Tata Kelola Berkesinambungan; Kerjasama Tata Kelola Antar K/L, dan Kinerja Terbaik Pengelolaan BMN (Juara Umum). (Very)

 

Artikel Terkait