Nasional

Pangdam Diponegoro Pimpin Apel Pengamanan Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution

Oleh : hendro - Jum'at, 03/11/2017 13:03 WIB

Pangdam Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman, Kapolda Jateng Irjen Pol Tjondor Kirono, Danrem 074 Warastratam Kolonel Widi Prasetijono meninjau pasukan pengamanan pernikahan Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution

 Surakarta, INDONEWS.ID-  Pengamanan pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, akan dilaksanakan selama lima hari. Yakni, mulai Sabtu (4/11/2017) hingga 9 November 2017, atau satu hari setelah pernikahan. Demikian dikatakan Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman.

Menurut Pangdam, pengamanan meliputi wilayah Bandara Adi Soemarmo, stasiun kereta api , rute-rute yang dilewati, kediaman Presiden, hotel-hotel, penginapan lainnya dan tempat acara di Graha Saba Buwang Solo Rabu(8/11/2017)mendatang. 

Pada pengamanan tersebut, kata Pangdam, pihaknya telah membentuk satuan tugas dalam pola penggeleraan pasukan berdasarkan ring pengamanan. “ Ring satu oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) bersama pendukungnya, ring dua dan tiga perupakan satuan tugas pengamanan VVIP yang dilaksanakan oleh jajaran TNI dari Kodam IV Diponegoro dan Polri (Polda Jateng),” kata Pangdam di Surakarta, Jumat (3/11/2017).

Leblih lanjut  Pangdam menjelaskan, pihaknya juga didukung oleh dinas-dinas terkait, seperti kesehatan, Perhubungan, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Lanud Adi Soemarmo, Lanud Adi Sucipto, pemadam kebakaran, PLN, PDAM, dan instansi terkait lainnya. Semuanya ini, dia menuturkan, sangat memerlukan kerja sama dan sinergitas di lapangan.

Karena itu, Pangdam menegaskan agar masing-masing satuaan tugas harus menguasai dan melaksanakan pengamanan sektor di wilayah tugasnya masing-masing dengan sebaik baiknya dan saling berkoordinasi dengan pihak terkait.

Lebih lanjut Pangdam meminta agar petugas untuk menguasai setiap titik pengamanan, kantong parkir, perempatan jalan, dan objek kegiatan lainnya. Dia juga memerintahkan pasukan untuk memastikan tidak terjadi penumpukan kendaraan dan kumpulan massa sehingga mengakibatkan kepacetan di rute yang akan dilewati. 

Hari ini, Pangdam memimpin apel persiapaan pengamanan tamu VVIP/VIP untuk persiapan pernikahan Kahiyang. Pangdam bersama Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono melakukan pengecekan langsung, baik personel maupun peralatan yang akan digunakan.

Dalam mengamankan jalannya pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, Pangdam mengerahkan 5.453 personel bersama kendaraan pengawalan dan taktis.

 

 

Artikel Terkait