Nasional

Untuk Dapati Dana Segar Usai Diresmikan, Tol Becakayu Langsung Dilego

Oleh : luska - Jum'at, 03/11/2017 15:01 WIB

Presiden resmikan tol Becakayu, di jalan Kalimalang, Jakarta Timur. (Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo telah menersmikan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Jumat (3/11/2017) pagi tadi. Tol Becakayu kemudian akan langsung dijual ke pihak swasta untuk mendapatkan dana segar yang akan digunakan untuk pembangunan kembali.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk, M Choliq saat ditemui usai peresmian tol Becakayu di Bekasi.

Directur Wakita M Cholik menjelaskan penjualan tol Becakayu ini sebagai cara Perseroan untuk mendapatkan dana segar yang kemudian akan digunakan untuk membangun ruas-ruas tol lainnya yang tengah dan akan dibangun oleh Waskita.

Choliq berkeyakinan, tol Becakayu ini akan banyak diminati oleh investor, seperti pada seksi 1B dan 1C, yang diminati oleh investor baik dalam negeri yaitu BUMN dan swasta.

Sedangkan untuk sekuritisasi, dalam hal ini penjualan tol artinya Waskita akan melepas kepemilikan saham yang ada pada PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM). Lewat skema ini, Perseroan berharap bisa mengurangi rasio pinjaman terhadap modal yang dimiliki sehingga bisa tetap sehat dalam menjalankan proyek-proyek yang dimiliki.

Hal ini dimungkinkan karena utang yang timbul selama masa pembangunan akan menjadi tanggung jawab pemilik baru tol Becakayu.

"Kalau pinjaman kan salah satu sumber. Rasio antara pinjaman dengan modal sendiri enggak boleh terlalu tinggi. Kalau saya tetap ingin tumbuh besar dan bangun banyak, maka perlu duit banyak. Sekuritisasi itu kan utang, padahal harus dijaga perbandingan utang dengan modal sendiri," ungkapnya.(Lka)

Artikel Terkait