Berada di Balai Sarwono, Endah Laras: Koyo Neng Omahe Mbahe Dewe

Budayawan dan Penyanyi Endah Laras (hdr)

Jakarta, INDONEWS.ID- “Koyo neng omahe mbahe dewe” begitulah kesan pertama yang dilontarkan budayawan sekaligus penyanyi keroncong Endah Sri Murwani atau biasa lebih dikenal Endah Laras, saat merasakan suasana homely Balai Sarwono yang terletak di Jalan Madrasah Raya no. 14 Kemang Jakarta Selatan.

Keberadaan Balai Sarwono yang mengusung rumah khas Jawa terasa sangat spesial ditengah hiruk kota Jakarta yang metropolis. Endah mengaku, saat pertama kali dirinya menginjakkan kaki di Balai Sarwono, tempat ini merupakan tempat spesial. Sebab jarang sekali dirinya menemukan tempat seperti Balai Sarwono.

“Bangunan khas jawa, Joglo, Limasan hingga Pendopo semua ada di Balai Sarwono. Bahkan menginap di Sare Suite yang saya rasakan mirip neng omahe mbahe dewe,” terang Endah kepada INDONEWS, Jumat (11/8/2017)malam.

Kamar yang cukup luas, dengan desaint dengan khas Jawa, dilengkapi dengan kasur berukuran standar dan kursi kayu goyang, ada TV LED di kamar. Kamar mandi juga bergaya Jawa yang unik menambah orang yang menginap di Sare Suite seperti sedang berada di perkampungan Jawa.

“Apalagi saat bangun pagi suara burung yang bersautan semakin terasa suasana khas desa Jawa. Sehingga membuat lupa kalo kita berada ibukota,” ungkap Endah.

Mengenai menu makanan yang disajikan di Balai Sarwono, bisa membuat orang-orang Jawa yang ada di Jakarta berkata bikin ngangenin. Sebab, menu beberapa menu khas Jawa seperti Undang Telur Asin, Mie Goreng Jawa, Sosis Solo, Sego Liwet membuat orang Jawa yang ada di Jakarta menilai seperti dikampung halaman sendiri.

Karena itu, Endah menyarankan, bagi masyarakat Jawa yang sedang berpergian di Jakarta. Dan ingin mencari tempat seperti di kampung halaman. “Balai Sarwono lah tempat paling ideal untuk merepresentasikan kehidupan khas Jawa yang ada di ibukota. Baik makanan, tempat, suasana, hingga penginapan semuanya ada disini,” ujarnya.(hdr)