INDONEWS.ID

  • Selasa, 18/12/2018 05:31 WIB
  • DPR Dorong Pemerintah Ambil Alih FIR dari Singapura

  • Oleh :
    • hendro
DPR Dorong Pemerintah Ambil Alih FIR dari Singapura
Ketua DPR Bambang

Jakarta, INDONEWS.ID - Adanya desakan dari berbagai pihak  terkait wilayah udara Indonesia yang masih 'kuasai' asing,  Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendorong pemerintah mengambil alih pengelolaan ruang udara atau flight information regional (FIR) di wilayah Kepulauan Riau.

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak  pemerintah untuk mengevaluasi perjanjian antara Indonesia dengan Singapura tahun 1995 yang intinya pemberian wewenang pengontrolan sebagian ruang udara kedaulatan NKRI kepada Singapura.

Baca juga : Kuasa Hukum Apresiasi Putusan Hakim PN Jaksel Vonis BCA Finance Lakukan PMH Terhadap Nasabah

“Hal ini penting dilakukan mengingat hal tersebut terkait dengan isu pertahanan, kedaulatan ekonomi, dan hukum di Indonesia,” ujar Bamsoet di Jakarta, Senin (17/12/2018).

Karena itu, Bamsoet menilai bahwa Pemerintah melalui Menteri Koordinator Kemaritiman juga perlu segera membuat road map menuju pengambilalihan FIR yang selama ini dikelola Singapura sebagaimana amanat UU No 1 tahun 2009 tentang Penerbangan, dan perintah Presiden RI melalui arahan Presiden pada 8 September 2015.

Baca juga : Prof Tjandra: Salah Kaprah Penyakit "Flu Singapura"

Selain itu, tambah Bamsoet, Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Panglima TNI dan Kapolri harus melakukan kajian mendalam terkait persoalan FIR tersebut.

“Dari hasil kajian dan analisa apabila menunjukkan penguasaan FIR oleh Indonesia lebih menguntungkan maka Pemerintah Indonesia melalui diplomasi yang intens dengan Pemerintah Singapura untuk pengambilalihan FIR,” kata Bamsoet. (Hdr)

Baca juga : Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya


 

Artikel Terkait
Kuasa Hukum Apresiasi Putusan Hakim PN Jaksel Vonis BCA Finance Lakukan PMH Terhadap Nasabah
Prof Tjandra: Salah Kaprah Penyakit "Flu Singapura"
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Artikel Terkini
Mantap! PNM Jambi Nasilitasi Nasabah Pamerkan Produk di Bandara Sultan Thaha
Beri Peringkat idAA+, Pefindo Sebut PNM Punya Kas Internal Rp1,3 T dan Fasilitas Kredit Rp12 T untuk Bayar Utang
Tumpuan Pemenuhan Kebutuhan Beras, Fakultas Pertanian IPB Perkenalkan Sistem Padi Gogo
Top! Bayar Utang Jatuh Tempo, Pefindo Beri Rating idAA Plus untuk PNM
Jadi Anggota Holding UMi, 1,2 Juta Nasabah PNM Naik Kelas
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas