INDONEWS.ID

  • Senin, 01/04/2019 22:49 WIB
  • KJRI Jeddah Bantah Pernyataan Rizieq Syihab Soal Menlu Dukung Salah Satu Capres

  • Oleh :
    • very
KJRI Jeddah Bantah Pernyataan Rizieq Syihab Soal Menlu Dukung Salah Satu Capres
Menlu Retno Marsudi. (Foto: Bisnis.com)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah membatah video Habib Rizieq Syihab di channel youtube ”Front TV” pada 29 Maret 2019 lalu yang menyatakan bahwa Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam kunjungannya ke Arab Saudi beberapa waktu lalu mengajak pejabat dan staf KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah untuk memenangkan salah satu calon.

“Tidak benar bahwa Menlu RI mengajak pejabat dan staf KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah untuk memenangkan salah satu calon pada pemilu 2019,” demikian keterangan pers yang diterima Indonews.id, di Jakarta, Senin (1/4).

Baca juga : JK Negarawan Luwes dan Selalu Menjaga Tali Silaturahim

KJRI Jeddah mengatakan bahwa Menlu, Retno Marsudi berada di Jeddah pada tanggal 3-5 Maret 2019 untuk meninjau pelayanan publik yang ada saat ini serta sekaligus meresmikan fasilitas baru pelayanan publik untuk Gedung Pelayanan Terpadu Satu Atap di KJRI Jeddah.

Selain itu Menlu RI juga mengunjungi Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) untuk melakukan interaksi dengan para guru dan siswa serta melihat kondisi sekolah mengingat adanya rencana pemindahan gedung sekolah ke tempat yang baru.

Baca juga : Kartelisasi Politik dan Masa Depan Demokrasi Indonesia

“Tidak benar Menlu RI melakukan pertemuan dengan staf di KBRI. Menlu RI tidak ke KBRI Riyadh dan hanya melakukan kunjungan ke Jeddah. Pertemuan dengan staf dilakukan di aula Wisma KJRI Jeddah. Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI menegaskan 2 isu penting, yaitu terkait peningkatan pelayanan publik bagi WNI dan peningkatan kerja sama ekonomi Indonesia-Arab Saudi,” ujar siaran pers itu.

Menlu RI dalam berbagai kesempatan baik secara lisan maupun tulisan telah mengeluarkan instruksi resmi yang meminta agar Perwakilan RI mendukung penuh PPLN dalam pelaksanaan pemilu di luar negeri dan sekaligus meminta semua staf baik di perwakilan maupun Kemlu Jakarta, untuk tetap menunjukkan sikap profesionalisme, integritas dan netralitas dalam pelaksanaan pemilu.

Baca juga : Jubir Presiden Pastikan Jokowi Hadiri Penutupan Kongres Partai Nasdem

Sebagai catatan, pelaksanaan pemilu di luar negeri merupakan tanggung jawab dan kewenangan Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) yang  bertanggung jawab langsung kepada KPU. Anggota PPLN adalah dari unsur masyarakat Indonesia di luar negeri. Perwakilan RI memberi dukungan untuk kelancaran tugas PPLN. (Very)

Artikel Terkait
JK Negarawan Luwes dan Selalu Menjaga Tali Silaturahim
Kartelisasi Politik dan Masa Depan Demokrasi Indonesia
Jubir Presiden Pastikan Jokowi Hadiri Penutupan Kongres Partai Nasdem
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas