INDONEWS.ID

  • Minggu, 19/05/2019 06:33 WIB
  • Cuaca Buruk, 7 Pesawat Tempur Perancis Mendarat Darurat Di Aceh

  • Oleh :
    • Ronald
Cuaca Buruk, 7 Pesawat Tempur Perancis Mendarat Darurat Di Aceh
Lanud Sultan Iskandar Muda Aceh yang dipimpin Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief mengatakan bahwa pihaknya segera merespon kedatangan 7 pesawat tempur milik negara Perancis ini dengan sigap.

Aceh Besar, INDONEWS.ID - Akibat lokasi base pesawat yang sedang dalam cuaca buruk, akhirnya 7 pesawat tempur Angkatan Laut Perancis mendarat darurat di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh, pada Sabtu (18/5/2019).

Lanud Sultan Iskandar Muda Aceh yang dipimpin Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief mengatakan bahwa pihaknya segera merespon kedatangan 7 pesawat tempur ini dengan sigap.

Baca juga : Siapkan Generasi Cerdas, PNM Resmikan Ruang Pintar Seneubok Madani di Aceh Besar

"Sesuai prosedur penerbangan dan alasan keselamatan, pesawat melaksanakan divert ke Bandara atau Pangkalan terdekat, dalam hal ini Lanud Sultan Iskandar Muda Aceh Besar," kata Hendro Arief.

Pendaratan pesawat tempur berjenis Rafale yang dilakukan pada pukul 11.45 WIB, dimana saat itu, kondisi cuaca di sekitar kapal induk Charles De Gaule yang menjadi base pesawat dan berada di 100Nm barat Sumatera sedang diselimuti cuaca buruk.

Baca juga : Perwakilan Indonesia di Perancis Kenalkan Budaya Indonesia Lewat Gamelan Jawa

Sementara itu, disampaikan Kolonel Hendro, sesuai dengan prosedur pengamanan, mengatakan pihaknya pun langsung melakukan pemeriksaan terhadap crew Rafale.

Dari pemeriksaan yang dilakukan jajarannya,  Hendro mengungkapkan bahwa pesawat sedang melaksanakan exercise air to air dengan rute ship (Charles De Gaule) – area – ship. 

Baca juga : Cuaca Buruk Jadi Kendala Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Yang Jatuh

"Hasil pemeriksaan fisik diketahui bahwa crew tidak membawa senjata perorangan, hanya di salah satu pesawat dengan tail number 39 terdapat peluru kedali dummy jenis MICA (Missile Interception Combat Arien)," jelasnya.

Tidak hanya itu, TNI AU juga melakukan pengamanan dan pemeriksaan sesuai SOP yang berlaku dengan tetap koordinasi dan bekerja sama pihak terkait.

"Selama pemantauan, kegiatan pengamanan berlangsung aman dan lancar karena crew kooperatif selama pemeriksaan," tandasnya. (rnl)

Artikel Terkait
Siapkan Generasi Cerdas, PNM Resmikan Ruang Pintar Seneubok Madani di Aceh Besar
Perwakilan Indonesia di Perancis Kenalkan Budaya Indonesia Lewat Gamelan Jawa
Cuaca Buruk Jadi Kendala Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Yang Jatuh
Artikel Terkini
Antisipasi Kebijakan Ekonomi dan Politik dalam Perang Iran -Israel
Berangkatkan Lebih dari 10 Ribu Penumpang, Mudik Gratis di Sumut Berhasil Tekan Penggunaan Sepeda Motor
Pimpinan PNM Tegaskan Program Mekaar Solusi bagi Perempuan Indonesia
Kisah Sukses Dewi, Nasabah PNM Kembangkan Bisnis Minuman Kesehatan
Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas