INDONEWS.ID

  • Jum'at, 31/05/2019 08:42 WIB
  • Laporan Keuangan Asian Games 2018 Dinilai Baik Oleh BPK, BPKP & TP4

  • Oleh :
    • budisanten
Laporan Keuangan Asian Games 2018 Dinilai Baik Oleh BPK, BPKP & TP4
Erick Thohir, standar akuntansi dan pengelolaan keuangan Asian Games 2018 dinilai baik oleh BPK, BPKP dan TP4

JAKARTA, Indonews.id - Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC) 2018, Erick Thohir mengapresiasi keberadaan para personel BPKP dan TP4 yang aktif melaksanakan pendampingan serta BPK yang telah melakukan pemeriksaan dalam menjalankan pengadaan barang dan jasa pada pelaksanaan pesta olahraga bangsa Asia yang berlangsung, 18 Agustus-2 September tahun lalu.

Apresiasi Erick Thohir itu didasari atas penilaian dari BPK sendiri terhadap standar akuntansi pengelolaan keuangan di INASGOC, di mana meskipun penggunaan anggaran INASGOC yang sangat besar  harus dilakukan dalam waktu relatif singkat dan dengan sejumlah peraturan ketat.

Baca juga : Erick Thohir Hadiri Peresmian Olympic House di Lausanne Swiss

Namun faktanya laporan yang disampaikan dinilai sangat positif.

Dan, seandainya ada sejumlah temuan, tidak signifikan dan dengan cepat bisa diselesaikan oleh INASGOC melalui Tim Lukuidasi yang seluruh pimpinan dan anggotanya merupakan personil INASGOC.

Baca juga : Erick Thohir Minta Cabang Olahraga Fokus Jelang Olimpiade 2020

Bahkan  dengan kedudukan INASGOC sebagai Satuan Kerja (Satker) Kemenpora, ternyata laporan keuangan INASGOC  lebih baik dibandingkan satker-satker lain yang ada di Kemenpora.

Belum lagi dengan tingkat penyerapannya, karena meskipun anggarannya paling besar, tapi tingkat penyerapannya paling cepat dan tinggi dengan tingkat akurasi yang kredibel sesuai peraturan. Ini salah satu kelebihan INASGOC. 

Baca juga : Wow, Erick Thohir Diajukan Jadi Anggota Baru IOC Members

“Sejak jauh hari, kami memang meminta pendampingan dan perhatian khusus dari lembaga-lembaga keuangan negara, baik itu BPK, BPKP dan TP4P, agar pengelolaan lebih baik dan sukses administrasi tercapai. Hal itu terbukti, berkat peran para pihak yang terkait. Ada kesalahan, tetapi sangat minor dan tidak signifikan,” ujar Erick kepada media di Jakarta, Kamis (30/5) malam. 

Anggota BPK RI, Achsanul Qosasih pernah menyampaikan bahwa keterlibatan personel BPK memang ditujukan agar memeriksa uang negara yang digunakan menggelar Asian Games 2018.

Bahkan, ia pernah memberikan penilaian bahwa pengelolaan keuangan INASGOC tergolong baik.

Hal senada juga dinyatakan Sesmenpora, Gatot Dewa Broto yang menilai sistem pengelolaan keuangan Asian Games 2018 lalu tergolong positif.

 Untuk penyelenggaraan Asian Games yang berada di bawah INASGOC [Panitia Penyelenggara Asian Games 2018] sejauh ini memang ada catatan, tapi sangat sedikit dan tidak signifikan serta masih bisa dipenuhi. Saya apresiasi INASGOC.

"Bahkan seandainya tidak ada OTT di  Kemenpora bulan Desember 2018 lalu, laporan kinerja keuangan INASGOC nyaris memberikan kontribusi signifikan pada predikat WTP,“ ucap Gatot.

Artikel Terkait
Erick Thohir Hadiri Peresmian Olympic House di Lausanne Swiss
Erick Thohir Minta Cabang Olahraga Fokus Jelang Olimpiade 2020
Wow, Erick Thohir Diajukan Jadi Anggota Baru IOC Members
Artikel Terkini
Kemendagri Sepakat RUU DKJ Dibawa ke Sidang Paripurna
Momen Ramadan, PNM Bojonegoro Bagi Takjil Gratis
Income Contingent Loan, Pinjaman Pendidikan Paling Cocok untuk Indonesia
Pemerintah Antisipasi Gagal Bayar dalam Pinjaman Lunak Pendidikan
Wujudkan Indonesia Terang, PT SMI Berkolaborasi Bangun PLTS di 9 Lokasi di Indonesia Timur
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas