INDONEWS.ID

  • Kamis, 06/06/2019 21:31 WIB
  • Jarig Wafat Makar Bulan Juni

  • Oleh :
    • hendro
Jarig Wafat Makar Bulan Juni
Pengamat sosial dan politik Christanto Wibisono

JARIG  WAFAT MAKAR BULAN JUNI oleh 

Jakarta, INDONEWS.ID -   6 Juni adalah hari lahir Bung Karno 1901 tapi juga hari wafatnya capres Robert F Kennedy ditembak oleh Sirhan Bishara Sirhan 6 Juni 1968. Bob Kennedy lahir 20 November 1925 akan setara Mahathir bila tidak mati tertembak.  

Baca juga : Istri Ketua KSP Wafat

Setiap hari bulan apapun  adalah hari bersejarah dalam konteks Algorithme Big Data bukan hanya post facto tapi juga agar menjadi peringatan dan pembelajaran agar tidak terulang lagi perbuatan atau keputusan yang berdampak negatif destruktif bagi masa depan ummat manusia. 

1 Juni adalah hari Lahirnya Pancasila yang secara pokrol bambu dimanipulasi   mengerdilkan peran penetusnya Bung Karno dengan aktor pembantu yang dipakskan setara dengan aktor utama Bung Karno. 4 Juni 1919 adalah demo mahasiswa Tongkok menentang Perjanjian Versailles yang membagi beberapa provinse Tiongkok sebaga wilayah konsesi  dan terutama ex konsesi Jerman, provinsi Shandong diberikan kepada Jepang.70  tahun kemudian, para mahasiswa Beijing mulai demo kritik pemerintah setelah wafatnya Hu Yaobang April 1989. Demo berlangsung 3 bulan hingga ditumpas oleh pasukan tank Tentara Pembebasn Rakyat Tiongkok yang melindas rakyatnya sendiri pada 5 Juni 1989, kini sudah 30 tahun, pemerintah RRT masih was dan memperingatkan tidak boleh ada peringatan terhadap hari tragedi sejarah Tiongkok itu.
5 Juni 1967 Perang Arab Israel ke -3 setelah 1948 (pembentukan negara Israel ) dan 1956 (Nasionalisasi Terusan Suez) meletus 6 hari dikenal sebagai Yomkipur War. Rezim Shah Iran dengan polisi rahasia Savak menahan Ayatollah Khomeini 5 Juni 1963 yang mendorong Khomeini lari ke Prancis tahun 1964 dan akan kembali ke Iran 1 Februari 1979 melengserkan Shah Iran. 

Baca juga : Menpan-RB Tjahjo Kumolo Wafat

6 Juni 1944 adalah hari pendaratan pasukan sekutu di Normandy dibawah Jendral Eisenho9wer untuk menaklukkan Nazi Jerman yang akan diperingati 75 tahun nya dengan polemlik antara Presiden AS Donald Trump dan walikota London Sadiq Khan. Eisenhower akan menjadi Presiden AS 2 term antara 1952-1960 dan pada 1956 menekan Inggris Prancis Untuk menghentikan serangan terhadap Mesir yang menasionalisasi terusan Suez. Pada tahun 1956 itulah awal Indonesia ikut ditunjuk jadi pasukan perdamaian PBB di Timur Tengah. Ironisnya ditengah panggung geopolitik itu elite Indonesia memperlihatkan “ penyakit autis politik”. 

 Pada 13 Agutus 1956 Menlu Roeslan Abdulgani nyaris ditahan di bandara Kemayoran oleh pasukan dibawah Pangdam Siliwangi Kol AE Kawilarang atas dakwaan menerima “titipan” uang tunasi US$ 10.000. Meski telpon masih pakai operator, Menlu berhasil menelpon PM Ali Sastroamijoyo yang segera menelpon KSAD Majyen AH Nasution untuk membebaskan dan mengizinkan Menlu tetap berangkat karena jadwal konferensi PBB tentang Suez tidak bisa diundur sejalan agenda politik  Pangdam Siliwangi. 

Baca juga : Heningkan Cipta, Ratusan Sarjana Katolik Mendoakan Buya Syafi`i Ma`arif

10 tahun setelah penahanan Menlu yang gagal Agustus 1956, pada 18 Maret 1966 Pangkopkamtib LetjenSoeharto menahan 15 menberi kabinet Dwikora II yang baru saja dilantik 24 Februari 1966. Langkah Soeharto ini akan dikukuhkan oleh Sidang Umum MPRS ke-4 22 Juni – 5 Juli 1966 yang memerintahkan pembentkan kabinet Ampera  oleh Presiden bersama Soeharto. Kabinet Ampera akan dibentuk 25 Juli 1966. 

4 tahun kemudian , 21 Juni 1970 Bung Karno wafat, di suatu tanggal yang persis dengan kelahiran Presiden Jokowi di Solon 21 Jui 1961 atau 10 tahun lebih muda dari Prabowo yang lahir 17Oktober 1951. Suatu tanggal yang tidak elok karena terjadi semi kudeta demo yang digerakkan militer menntut pembubaran DPRS 17 Oktober 1952. KSAP Mayjen Simatupang dan KSAD Mayjen AH Nasution dipensiun. Yang pertama for good yang kedua bisa come back jadi KSAD lagi pada 1955. 

 Sejarah Indonesai penuh dengan akrobatik politik bagaikan cerita silat Sam Kok dan buku pntar ilm peang Sun Tzu. Sekarang semua orang was was apakah Mahkamah Konstitusi akan melakukan kejutan diluar kalkulasi rasional tapi justru bisa dianggap “politik gila” memenangkan gugatan paslo 02 yang dilua rasionalitas, tapi penuh politicking model kudeta semi kudeta suksesi model dinasti feodal primitif.

 28 Juni 2019 akan dinantikan dan memang mengerikan kalau sampai hasil pemilu dianulir oleh 9 orang  ½ dewa ½ malaikat. Kalau itu terjadi maka MK merupakan gejala “ayatollah baru” yang bisa melengserkan orang meski politisi itu memenangkan pemilu. Membaca algorithme big data, sejarah bulan Juni dari data empiris historis kita harus bersiap agar survive menghadapi kemungkinan terburuk. “Ayatollah MK” mendadak mengabulkan syahwat kudeta penggugat.  Hari pertama Lebaran, capres penggugat tidak bersilaturahmi ke Istana  Merdeka tapi ke Istana Cendana menemui putri sulung presiden ke-2 RI Mungkin sebagai penghormatan dini untuk hari ulang tahun Jendral Soeharto 8 Juni 98 tahun lalu.. Sementara dua putra Presiden ke-6 berkunjung ke open house Presiden ke-5. 

Kita nantikan saja sejarah Indonesia di bulanJuni 2019 ini yang tidak akan pernah sepi dari peristiwa dan momen historis masa lalu. Maupun yang akan dan sedang dibuat oleh elite nasional kita maupun elite global seperti Trump. Yang aksi politiknya mirip perubahan cuaca dunia yang semakin tidak terdeteksi atau ter- ramal-kan oleh ilmu geofisika yang simple.   (Christianto Wibisono Penulis buku Kencan dengan Karma)

 

Artikel Terkait
Istri Ketua KSP Wafat
Menpan-RB Tjahjo Kumolo Wafat
Heningkan Cipta, Ratusan Sarjana Katolik Mendoakan Buya Syafi`i Ma`arif
Artikel Terkini
Ke Perbatasan Papua, BNPP Pastikan Pembangunan Infrastruktur Berjalan
Sri Agustin, Nasabah Mekaar Yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel
DJP Jaksel II Resmikan Tax Center STIH IBLAM
Prof Tjandra: Lima Komponen Penting Pengendalian Malaria
Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah, Mendagri Tekankan soal Pembangunan Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas