INDONEWS.ID

  • Rabu, 12/06/2019 22:54 WIB
  • Kementerian Perikanan Dan Kelautan Raih Opini Terbaik Laporan Keuangan 2018 Dari BPK

  • Oleh :
    • Ronald
Kementerian Perikanan Dan Kelautan Raih Opini Terbaik Laporan Keuangan 2018 Dari BPK
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meraih opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI untuk laporan keuangan tahun 2018.

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meraih opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) untuk laporan keuangan tahun 2018.

Opini tersebut disampaikan langsung oleh Anggota IV BPK RI Rizal Djalil kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK-RI atas Laporan Keuangan KKP Tahun 2018 di Kantor KKP.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Pimpin Rapat dengan BPK Terkait Laporan Keuangan Pemda TA 2023

“Saya mengucapkan selamat. Tahun ini Kementerian Kelautan dan Perikanan mendapatkan opini terbaik,” ujar Rizal dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu, (12/6/2019)

Rizal menyampaikan, capaian ini tak lepas dari peningkatan realisasi anggaran yang dikelola oleh para pejabat komitmen di KKP. Tak hanya itu, dirinya mengatakan, dari segi realisasi belanja, BPK RI juga mencatat perkembangan yang signifikan di bidang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) di KKP.

Baca juga : KKP Pantau Kapal Ilegal Fishing 24 Jam

Rizal menilai, dengan adanya peningkatan ketersediaan sumber daya ikan berkat ketegasan Menteri Susi yang mengambil tindakan-tindakan tegas dalam menjaga laut Indonesia. Dirinya berharap, PNBP ke depannya bisa lebih meningkat lagi seiring dengan makin tersedianya sumber daya perikanan di laut.

"Karena tindakan-tindakan yang memang harus kita lakukan berdasarkan hukum kita,” sambungnya.

Selanjutnya, Rizal juga mendorong KKP terus memperbesar belanja modal bagi masyarakat untuk mendukung kesejahteraan, yang akan turut berimbas pada meningkatnya penerimaan negara.

“Saya mendorong sepenuhnya Ibu Menteri dengan jajarannya agar belanja modalnya diperbesar sehingga kapasitas kita mendorong masyarakat lebih sejahtera, mendorong penerimaan negara menjadi lebih meningkat makin besar juga,” ujarnya.

Disampaikan Rizal, bagi para pejabat pembuat komitmen tidak boleh takut untuk melakukan belanja modal. Dirinya menjelaskan bahwa belanja modal adalah ruang yang diberikan oleh negara untuk memperbanyak aset dan kapasitas negara untuk mengelola sumber daya, termasuk menyejahterakan masyarakat.

Berkaca dari opini disclaimer yang didapatkan oleh KKP pada tahun-tahun sebelumnya, Rizal mendorong agar para pejabat pembuat komitmen tidak menjadikannya sebagai kekhawatiran melainkan sebagai pengalaman semata. Hal itu agar selanjutnya dapat melakukan koordinasi yang lebih baik dengan BPK.

Turut hadir dalam acara tersebut pejabat eselon 1 KKP, Koordinator Staf Khusus Satgas 115, pejabat eselon 2 KKP dan BPK-RI, Direktur Badan Layanan Umum (BLU) – Lembaga Pengelola Moda Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP), serta para kepala bagian keuangan dan umum di lingkungan KKP. (rnl)  

 

 

 

Artikel Terkait
Pj Bupati Maybrat Pimpin Rapat dengan BPK Terkait Laporan Keuangan Pemda TA 2023
KKP Pantau Kapal Ilegal Fishing 24 Jam
Menteri PANRB: BPK Punya Peran Strategis Dorong Mesin Birokrasi Semakin Lincah
Artikel Terkini
Tiba di Ambon, Kepala Bakamla RI Disambut Tari Lenso
Kemendagri Sepakat RUU DKJ Dibawa ke Sidang Paripurna
Momen Ramadan, PNM Bojonegoro Bagi Takjil Gratis
Income Contingent Loan, Pinjaman Pendidikan Paling Cocok untuk Indonesia
Pemerintah Antisipasi Gagal Bayar dalam Pinjaman Lunak Pendidikan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas