INDONEWS.ID

  • Rabu, 19/06/2019 20:45 WIB
  • Pertemuan KTT ASEAN, Jokowi Akan Didampingi Menlu Retno Marsudi

  • Oleh :
    • Ronald
Pertemuan KTT ASEAN, Jokowi Akan Didampingi Menlu Retno Marsudi
Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang ke-34 akan dilaksanakan di Bangkok, Thailand, pada 22-23 Juni 2019. Dalam pertemuan ini, dijadwakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan turut hadir ditemani dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Jakarta, INDONEWS.ID - Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang ke-34 akan dilaksanakan di Bangkok, Thailand, pada 22-23 Juni 2019. Dalam pertemuan ini, dijadwakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan turut hadir ditemani dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Hal ini disampaikan langsung oleh Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir. Dirinya juga mengatakan KTT ASEAN kali ini akan mengangkat tema Advancing Partnership for Sustainability. Tema tersebut diangkat dengan tujuan meningkatkan sinergi antara visi masyarakat ASEAN 2025 dengan agenda pembangunan berkelanjutan di bawah PBB.

Baca juga : Hikmahanto Apresiasi Presiden Jokowi Sampaikan Soal Gaza di Depan Presiden Joe Biden dan Publik AS

"Ibu menlu akan mendampingi Pak Presiden (Jokowi) yang direncanakan akan hadir pada KTT ASEAN ke-34 yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-23 Juni 2019," kata Arrmanatha di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Sementara itu, Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Jose Tavares menyampaikan kegiatan KTT ASEAN yang ke 34 ini akan terdiri dari, antara lain pertemuan pemimpin negara anggota ASEAN dengan perwakilan dari Majelis Antarparlemen ASEAN, pertemuan pemimpin ASEAN dengan perwakilan dari Dewan Penasihat Bisnis ASEAN, sesi pleno, dan retreat.

Baca juga : Pihak Gedung Putih Beberkan Agenda Jokowi Akan Temui Biden, Bakal Bahas Apa?

Selain itu akan ada pertemuan tingkat tinggi antara kepala negara atau pemerintahan Brunei Darussalam, Malaysia, Indonesia, Filipina, serta KTT Indonesia-Malaysia-Thailand Road Triangle. Rangkaian pertemuan KTT ASEAN  akan menghasilkan sekitar 16 dokumen dan empat di antaranya dokumen hasil utama.

Adapun dari keempat dokumen hasil utama yakni Pernyataan Visi Pemimpin ASEAN tentang Kemitraan untuk Mencapai Keberlanjutan Leaders Vision Statement on Partnership for Sustainability, Pandangan Bersama ASEAN tentang Indo-Pasifik (ASEAN Indo-Pacific Outlook), Deklarasi Bangkok tentang Memerangi Limbah Laut di Kawasan ASEAN (BangkokDeclaration on Combating Marine Debris in ASEAN Region), Pernyataan Pemimpin ASEAN tentang Tahun Budaya ASEAN (ASEAN Leaders Statement on ASEAN Cultural Year. (rnl)

Baca juga : RISSC Kembali Masukan Jokowi pada `Top 50` Muslim Berpengaruh Dunia 2020
Artikel Terkait
Hikmahanto Apresiasi Presiden Jokowi Sampaikan Soal Gaza di Depan Presiden Joe Biden dan Publik AS
Pihak Gedung Putih Beberkan Agenda Jokowi Akan Temui Biden, Bakal Bahas Apa?
RISSC Kembali Masukan Jokowi pada `Top 50` Muslim Berpengaruh Dunia 2020
Artikel Terkini
Pj Gubernur Agus Fatoni Harapkan Pelaksanaan PSN di Sumsel Berjalan Dengan Lancar
Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Syariah Festival Sriwijaya 2024 BI Perwakilan Sumsel
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas