INDONEWS.ID

  • Sabtu, 29/06/2019 19:45 WIB
  • KTT G20 Jepang, Presiden Jokowi dan Presiden Moon Bahas Kerjasama Industri Strategis

  • Oleh :
    • very
KTT G20 Jepang, Presiden Jokowi dan Presiden Moon Bahas Kerjasama Industri Strategis
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korsel Moo Jae-in, di sela-sela KTT G-20, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6). (Foto: Setpres)

Jepang, INDONEWS.ID -- Disela-sela gelaran KTT G-20, Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Osaka, Jepang, Jumat (28/6).

Seperti dikutip Setkab.go.id, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan itu kepada wartawan mengatakan, dalam kesempatan itu, Presiden Moon menyampaikan dukungannya terhadap konsep ASEAN mengenai Indo Pasifik.

Baca juga : Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa

Indo Pasifik yang baru saja disepakati para pemimpin ASEAN pada KTT ke-34 ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (23/6) lalu, merupakan konsep kerjasama negara-negara sepanjang Samudera Hindia dan Samudera Pasifik  dalam hal peningkatan kerjasama, dengan mengedepankan prinsip keterbukaan dan penghormatan terhadap hukum internasional.

Industri Strategis

Baca juga : Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY

Selain masalah Indo Pasifik, menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, dalam pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dengan Presiden Korsel Moo Jae-in itu juga dibahas mengenai tindak lanjut kunjungan Presiden RI ke Seoul pada bulan September tahun lalu, antara lain mengenai masalah kerja sama dalam konteks industri strategis, kemudian investasi-investasi Korea Selatan yang ada di Indonesia antara lain di bidang entertainment, di bidang garment dan sebagainya.

“Kemudian, kesepakatan untuk segera menyelesaikan perundingan Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement atau IKCEPA dan juga komitmen kedua kepala negara untuk menyelesaikan perundingan aset pada akhir tahun ini,” ujar Menlu dalam keterangannya kepada wartawan di Hotel New Otani, Osaka, Jepang, Jumat (28/6) sore.

Baca juga : Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU

Saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Moon Jae-in itu, Presiden Jokowi antara lain didampingi oleh Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Mendag Enggartiasto Lukita, dan Menperin Airlangga Hartarto. (Very)

 

Artikel Terkait
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Jajaki Kerjasama dengan Asdep Pengembangan Logistik Nasional
Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI
Sidang Ketiga Gugatan 11 Triliun, Kemenkeu dan Bank Indonesia Hadir Tanpa Kelengkapan Administrasi
UU DKJ, Masa Depan Jakarta Sebagai Pusat Perdagangan Global
Kementerian PANRB Segera Gelar Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas