INDONEWS.ID

  • Selasa, 09/07/2019 10:31 WIB
  • DPR Usulkan Kenaikan Gaji Pokok TNI, Begini Tanggapan Menteri Sri Mulyani

  • Oleh :
    • Ronald
DPR Usulkan Kenaikan Gaji Pokok TNI, Begini Tanggapan Menteri Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Ist)

Jakarta, indonews.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI meminta pemerintah untuk menaikkan gaji pokok TNI pada tahun 2020. Menurut DPR, kenaikan gaji ini dapat masuk ke dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bakal mempertimbangkan permohonan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI perihal kenaikan gaji pokok TNI dan Polri. 

Baca juga : Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel

Menurutnya, tidak hanya TNI Polri tetapi kesejahteraan semua aparat penegak hukum secara umum dan seluruh birokrasi. Karenanya ini bagian langkah yang penting dalam membangun birokrasi dan aparat.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan usulan kenaikan gaji TNI dan Polri guna meningkatkan profesionalisme dan kenerja lembaga aparatur negara tersebut. 

Baca juga : Kenal Pamit` Kadispenau, Sederhana namun Meriah

“Saya akan berikhtiar terus dalam meningkatkan profesionalisme, tidak hanya TNI tapi juga seperti Polri dan aparat penegak hukum secara umum dan seluruh birokrasi," kata Sri Mulyani kepada awak media usai pelantikan pejabat eselon II dan III Kemenkeu di Kantor Pusat DJP pada Senin (8/7/2019)

 

Baca juga : Jamin Keselamatan Warga Sipil, Komnas HAM Dorong Pendekatan Terukur di Papua

Meski demikian, Sri Mulyani akan melihat terlebih dahulu dari sisi keuangan negara apakah secara anggaran mumpuni untuk merealisasikan kenaikan gaji TNI dan Polri. Langkah selanjutnya, Kementerian Keuangan (Kemkeu) akan meninjau lebih dalam skenario apa saja untuk membangun institusi yang baik.

"Seperti disampaikan dalam sidang kabinet, merupakan bagian penting dalam membangun demokrasi dan aparat institusi publik yang baik, jadi nanti akan kita lhat dari sisi keuangan negara maupun dari sisi bagaimana skenario untuk membangun institusi yang baik," ujar Sri Mulyani.

Asal tahu saja, kenaikan gaji pokok TNI tersebut sebelumnya berawal dari usulan Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI). Yakni dari Fraksi Partai Demokrat Hadi Wahyu Sanjaya saat Pembahasan Pembicaraan Pendahuluan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020.

Dia bilang, permintaan untuk menaikkan gaji anggota TNI untuk tahun 2020 digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan TNI. Selain kenaikan gaji, dia juga meminta pemerintah menyediakan rumah layak bagi TNI. (rnl)

 

Artikel Terkait
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Kenal Pamit` Kadispenau, Sederhana namun Meriah
Jamin Keselamatan Warga Sipil, Komnas HAM Dorong Pendekatan Terukur di Papua
Artikel Terkini
Dampak Perang Global, Ini Tantangan Kebijakan Ekonomi ke Depan
Ini Strategi Awal PalmCo Pasca Efektif KSO dan Kelola Perkebunan Sawit Terluas di Dunia
Ini Pengalaman Merayakan Idulfitri di Beberapa Negara
Promo Smartphone di Blibli Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan
Simak Ya! Kini Anda Bisa Dapatkan Samsung S23 Ultra di Marketplace Ini
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas