INDONEWS.ID

  • Kamis, 18/07/2019 21:55 WIB
  • PT KAI Akan Percepat Pengaktifan Jalur Kereta Api Jawa Barat

  • Oleh :
    • Ronald
PT KAI Akan Percepat Pengaktifan Jalur Kereta Api Jawa Barat
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perkeretaapian akan mempercepat proses pengaktifan kembali empat jalur kereta api yang sudah lama tidak beroperasi di Jawa Barat pada 2019 ini. (ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perkeretaapian akan mempercepat proses pengaktifan kembali empat jalur kereta api yang sudah lama tidak beroperasi di Jawa Barat pada 2019 ini.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero), Edi Sukmoro usai meresmikan fasilitas jembatan penghubung di Stasiun Batu Ceper, di Tangerang, Kamis, (18/7/2019).

"Empat jalur itu, antara lain jalur Bandung-Ciwidey, Cibatu-Garut-Cikajang, Banjar-Pangandaran-Cijulang, dan jalur Rancaekek-Cijulang," ujarnya.

Edi mengatakan, upaya percepatan pengaktifan kembali itu merupakan bagian dari upaya PT KAI (Persero) dalam mendukung program pemerintah pusat untuk meningkatkan pelayanan perkeretaapian dan mengalihkan penggunaan kendaraan pribadi ke moda transportasi massal.

Dikatakan Edi, masyarakat dari daerah-daerah itu nanti akan dapat lebih mudah dalam menjangkau kota besar, di antaranya Bandung dan Jakarta, dengan menggunakan moda kereta api.

Selain itu, dengan pengaktifan kembali jalur-jalur KA itu diharapkan dapat meningkatkan roda perekonomian daerah-daerah yang dilintasi seiring bertambahnya pilihan moda transportasi.

Selain empat jalur KA non aktif di Jawa Barat, kata dia, PT KAI (Persero) juga akan mengaktifkan lagi jalur-jalur KA di daerah-daerah lain di Indonesia yang telah lama mati.

Mengenai jalur KA non aktif yang lahannya sudah beralih fungsi dan digunakan warga, kata dia, PT KAI (Persero) akan terus melakukan pendekatan secara persuasif agar warga pengguna lahan milik PT KAI (Persero) dapat pindah. (rnl)


 

Baca juga : Semangat Kartini dalam Konteks Kebangsaan dan Keagamaan Moderen
Artikel Terkait
Semangat Kartini dalam Konteks Kebangsaan dan Keagamaan Moderen
Kementerian PUPR Tuntaskan Pembangunan Enam Titik Sumur Bor Bertenaga Matahari di Mamuju
Kemenangan Prabowo-Gibran Peluang Bagi Pengembangan Ekonomi Kelautan dan Konektivitas Antarpulau
Artikel Terkini
Semangat Kartini dalam Konteks Kebangsaan dan Keagamaan Moderen
Kementerian PUPR Tuntaskan Pembangunan Enam Titik Sumur Bor Bertenaga Matahari di Mamuju
Kemenangan Prabowo-Gibran Peluang Bagi Pengembangan Ekonomi Kelautan dan Konektivitas Antarpulau
Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045, Kalimantan Barat Tawarkan Visi Pembangunan Berkelanjutan
Kemenparekraf Kick Off Akselerasi Sertifikasi Halal Produk Makanan dan Minuman di 3.000 Desa Wisata
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas