INDONEWS.ID

  • Jum'at, 06/09/2019 19:45 WIB
  • LIPI Kembangkan Metode Medis Elektronik

  • Oleh :
    • hendro
LIPI Kembangkan Metode Medis Elektronik
Kepala Pusat Penelitian Teknologi Pengujian LIPI, Agus Fanar Syukri

Serpong, INDONEWS.ID - Era digital ditandai dengan semakin bergantungnya produk-produk penyedia fungsi vital pada keberadaan komponen listrik. Metode uji elektronik pun menjadi penting untuk memastikan keamanan dan keandalan suatu produk elektronik. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Teknologi Pengujian mengembangkan metode pengujian untuk produk medis elektronik. 

 Salah satu metode uji elektrik dilakukan untuk peralatan medis. “Mengingat adanya faktor daya listrik dalam peralatan medis aspek-aspek penting mencakup keamanan perangkat, keselamatan pasien, dan keselamatan penyedia kesehatan pun perlu menjadi perhatian,” jelas Kepala Pusat Penelitian Teknologi Pengujian LIPI, Agus Fanar Syukri di Serpong, Jumat (6/9/2019).

Baca juga : Hari Pahlawan, Pertamina Berbagi Semangat Perjuangan Di SPBU

Agus menjelaskan, semua produk medis elektronik yang berhubungan dengan daya listrik dan elektromagnetik harus melewati serangkaian tes dan standar yang telah ditentukan. Metode pengujian elektronik yang dilakukan meliputi ketahanan produk, keselamatan dan sertifikasi, serta program pengujian lingkungan.

“Dalam pengembangan teknologi pengujian produk elektronik, Pusat Penelitian Teknologi Pengujian LIPI  terbagi dalam beberapa kelompok penelitian elektro medis, electromagnetic compatibility, energi dan lingkungan, serta kajian infrastruktur pengujian alat kesehatan elektronik,” terang Agus. 

Baca juga : Mitra Seni Indonesia Kembali Gelar Senandung Cinta 2019 Untuk Membantu Para Seniman Berprestasi

Kelompok penelitian elektro medis melakukan penelitian persyaratan kualitas keamanan dan performa standar produk kesehatan. “Beberapa pengujian yang dilakukan antara lain perbandingan sensor suhu pengujian inkubator bayi, pengembangan sistem uji tempat tidur rumah sakit, pengembangan simulator sinyal electrocardiograph, ketahanan EKG terhadap efek defibrilasi, wireless power transmission, dan multispectral imaging,”jelas Agus. 

Sementara kelompok penelitian electromagnetic compatibility (EMC) melakukan penelitian terhadap gangguan elektromagnetik oleh saluran daya atau radiasi langsung yang bisa mempengaruhi kinerja komponen sistem lain atau lingkungan elektromagnetik di luar sistem. Tugas pokoknya adalah memeriksa keberadaan pancaran elektromagnetik suatu produk. “Bila terjadi radiasi elektromagnetik dari sekitar kita, diperlukan fungsi untuk mereduksi efek dari perangkat elektronik yang memancarkan radiasi bagi manusia,” papar Agus. 

Baca juga : Pemred Indonews Hadiri Acara Merdeka Finansial Sejak Muda

Kelompok penelitian energi dan lingkungan berfokus pada efisiensi energi dan keselamatan peralatan rumah tangga. “Permasalahan krisis energi listrik dan kasus korsleting listrik membutuhkan langkah strategis. Permasalahan tersebut dapat diantisipasi dengan adanya laboratorium pengujian terakreditasi dengan peralatan memadai, sistem dan metode uji, serta SDM yang andal,” jelas Agus.

Kelompok penelitian ini  mengembangkan pemanfaatan DME (dimethyl eter) untuk bisa menggantikan LPG pada kompor gas. “Di beberapa negara sudah menggunakan DME, apalagi di Indonesia sumber untuk menghasilkan DME tinggi, sehingga ini cukup potensial,” jelasnya.

Sedangkan kelompok penelitan kajian infrastruktur pengujian alat kesehatan berbasis elektronik berkonsentrasi pada isu ketergantungan pengadaan alat kesehatan dari luar negeri. Minimnya laboratorium uji dan lembaga sertifikasi produk (LSPro) di Indonesia menyebabkan kebanyakan alat kesehatan harus diuji di luar negeri sehingga devisa mengalir ke luar. Laboratorium  uji LIPI saat ini tidak lagi mempunyai kewenangan menguji secara rutin dan laboratorium uji  terakreditasi di perguruan tinggi terkendala dengan sumber daya karena tugas utamanya adalah pendidikan. 
 

Artikel Terkait
Hari Pahlawan, Pertamina Berbagi Semangat Perjuangan Di SPBU
Mitra Seni Indonesia Kembali Gelar Senandung Cinta 2019 Untuk Membantu Para Seniman Berprestasi
Pemred Indonews Hadiri Acara Merdeka Finansial Sejak Muda
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas