INDONEWS.ID

  • Rabu, 09/10/2019 10:02 WIB
  • Presiden Jokowi Minta Kemen PUPR Kebut Pemulihan di Wamena

  • Oleh :
    • Ronald
Presiden Jokowi Minta Kemen PUPR Kebut Pemulihan di Wamena
Presiden Joko Widodo (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo meminta proses pemulihan di Wamena, Papua, dikebut. Baik pemulihan infrastruktur maupun psikis warga Wamena.
 
"Presiden memerintahkan jajaran menteri dan lembaga terkait untuk segera menangani dampak kerusuhan yang terjadi di Wamena, terutama bangunan tetap, dan akses jalan bagi masyarakat setempat," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (8/10/2019).

Menteri Basuki mengatakan bahwa dari data yang ada di kementeriannya, sebanyak 10 bangunan kantor pemerintah rusak berat. 34 bangunan kantor, dan sarana pendidikan rusak sedang, serta 165 rumah tinggal mengalami kerusakan sedang hingga berat.

Baca juga : Sejumlah Sumber Pengisian Kebutuhan ASN di IKN, Peluang Besar untuk Putera-Puteri Terbaik Kalimantan

Paska kericuhan beberapa waktu lalu, Tim dari PUPR sudah diterjunkan ke Wamena. Tidak sendirian, tim tersebut juga menggandeng kerja sama dengan Direktorat Zeni TNI Angkatan Darat.
 
"Seperti halnya kalau kami perbatasan sama dengan TNI untuk supaya lebih cepat karena ini masih cukup masif," ujar Menteri Basuki.

Tak hanya itu, dilanjutkan Menteri Basuki, pemerintah juga turut menjamin keamanan di Wamena. Karena itu, warga yang masih mengungsi diimbau untuk segera kembali ke Wamena.
 
Di sisi lain, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan kondisi di Wamena kini sudah kembali kondusif. Beberapa warga juga sudah meninggalkan pengungsian.
 
"Mereka tidak ingin kembali ke daerah asalnya, mereka ingin tetap tinggal di sini dengan catatan keselamatan dijamin. Dan tadi dijawab Kapolri (Jenderal Tito Karnavian), jaminan keselamatan akan diberikan," ujarnya. (rnl)

Baca juga : Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar
Artikel Terkait
Sejumlah Sumber Pengisian Kebutuhan ASN di IKN, Peluang Besar untuk Putera-Puteri Terbaik Kalimantan
Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar
Presiden Jokowi Dorong Penguatan Integrasi Ekonomi, Percepatan Transisi Energi dan Transformasi Digital dalam KTT Khusus ASEAN-Australia
Artikel Terkini
Terinspirasi Langkah Indonesia, Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR
Ketua KIP: Pertamina Jadi `Role Model` Keterbukaan Informasi Publik di Sektor Energi
Kemendagri Intruksikan Pemprov Kaltara Percepat Pembangunan Daerah Berbasis Inovasi
Semangat Kartini dalam Konteks Kebangsaan dan Keagamaan Moderen
Kementerian PUPR Tuntaskan Pembangunan Enam Titik Sumur Bor Bertenaga Matahari di Mamuju
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas