INDONEWS.ID

  • Kamis, 24/10/2019 10:10 WIB
  • Ingin Gadai BPKB Mobil? Simak Penjelasan Berikut Ini!

  • Oleh :
    • indonews
Ingin Gadai BPKB Mobil? Simak Penjelasan Berikut Ini!
Gadai BPKP mobil. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta, INDONEWS.ID - Gadai BPKB mobil menjadi salah satu cara yang dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan keuangan mereka. Namun sebelum melakukan cara tersebut, sebaiknya simak mengenai tempat gadai terpercaya dan hal-hal yang perlu diperhatikan seperti penjelasan berikut ini.

Tempat Gadai BPKB Mobil Terpercaya

Semakin hari, semakin banyak perusahaan yang menawarkan program pegadaian dengan berbagai promo yang menggiurkan. Namun jangan salah pilih, pasalnya banyak korban tertipu dengan tawaran tersebut.

Agar gadai Anda terpercaya, berikut beberapa tempat yang aman untuk penggadaian BPKB mobil (dikutip dari Duwitmu.com).

  1. Bank

Meminjam uang kepada pihak bank terkadang memang terlihat sangat beresiko, ditambah lagi proses yang cukup rumit pada syarat permohonannya. Resiko yang paling besar adalah mempertaruhkan aset berharga yang menjadi jaminan apabila nasabah tidak mampu membayar nilai yang terhutang.

Salah satu jaminan yang umumnya diajukan untuk mendapatkan dana adalah BPKB mobil atau biasa disebut sebagai gadai BPKB. Bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman dengan BPKB kendaraan, maka harus mengisi formulir pengajuan kredit kendaraan atau yang biasa disebut dengan KKB refinancing.

  1. Pegadaian

Saat membutuhkan dana cepat dan mendesak, gadai BPKB mobil memang menjadi salah satu cara yang banyak dipilih orang. Jika mengajukan pinjaman di bank, maka butuh waktu lama. Karenanya, menggunakan lembaga pegadaian bisa menjadi salah satu pilihan.

Umumnya proses yang ditawarkan oleh lembaga penyedia gadai ini juga cepat, bahkan dokumen persyaratannya pun mudah. Hanya berupa KTP, KK serta barang yang ingin digadaikan, maka dana yang dibutuhkan akan segera dicairkan.

Itulah mengapa tidak sedikit orang yang memilih untuk menggadaikan barang atau surat berharga yang dimilikinya di pegadaian ketika membutuhkan dana mendesak.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Gadai BPKB Mobil

Meskipun proses gadai BPKB mobil terlihat mudah, namun Anda harus tetap memperhatikan berbagai faktor, baik eksternal maupun internal. Hal ini bertujuan agar BPKB yang digunakan untuk jaminan tetap aman hingga perjanjian usai. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat gadai BPKB kendaraan.

  1. Pilih Lembaga Gadai yang Legal

Banyaknya tempat pegadaian mobil membuat nasabah menjadi lebih mudah menemukannya. Meskipun demikian, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa tempat gadai yang akan dituju memiliki legalitas yang jelas.

Untuk pilihan terbaik, Anda bisa menggunakan lembaga pegadaian. Lembaga pegadaian ini legalitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi karena merupakan salah satu bagian dari Badan Usaha Milik Negara.

  1. Besaran Bunga

Besarnya nilai bunga yang dikenakan juga harus menjadi salah satu hal yang diperhatikan. Karena besaran bunga inilah yang akan menjadi penentu besarnya angsuran yang harus dikembalikan setiap bulannya.

Meski nilai gadai BPKB mobil dihargai lebih tinggi, namun apabila perusahaan tempat gadai tersebut mengenakan bunga yang jauh lebih tinggi maka sebaiknya Anda memikirkannya kembali. Sesuaikan besar angsuran bulanan dengan kemampuan Anda membayar agar tidak terlalu terbebani pada akhirnya.

  1. Keamanan

Meminjam uang menggunakan BPKB mobil biasanya dilakukan jika nominal pinjaman yang diperlukan cukup tinggi. Hal tersebut biasanya mengakibatkan masa pinjaman juga semakin lama sehingga diperlukan tempat gadai yang aman dan terpercaya.

Memilih tempat gadai yang aman dan memiliki kredibilitas akan menjamin BPKB Anda apabila terjadi sesuatu, misalnya bencana alam sehingga mengakibatkan rusaknya BPKB mobil. Maka pihak penyimpan BPKB yang terpercaya tersebut dapat mempertanggungjawabkannya.

  1. Kemudahan Akses Pembayaran

Jika Anda ditawari untuk menggadaikan BPKB mobil di luar kota. Dengan berbagai alasan seperti bunga rendah ataupun nilai gadai lebih tinggi, namun cara pembayaran tiap bulannya sulit karena jauh, maka sebaiknya fikirkan dengan matang lagi.

Karena meskipun kini pembayaran dapat dilakukan melalui transfer, namun keamanannya kurang terjamin. Sehingga, jika Anda melewatkan pembayaran sehari karena faktor jarak maka bisa dikenakan bunga atau denda yang jumlahnya bisa memperberat angsuran.

Gadai BPKB mobil menjadi salah satu cara untuk mendapat pinjaman dalam jumlah tinggi dan cepat. Untuk itu, pastikan memilih tempat gadai yang terpercaya agar surat kendaraan yang sedang menjadi jaminan tidak hilang begitu saja. 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Tiba di Ambon, Kepala Bakamla RI Disambut Tari Lenso
Kemendagri Sepakat RUU DKJ Dibawa ke Sidang Paripurna
Momen Ramadan, PNM Bojonegoro Bagi Takjil Gratis
Income Contingent Loan, Pinjaman Pendidikan Paling Cocok untuk Indonesia
Pemerintah Antisipasi Gagal Bayar dalam Pinjaman Lunak Pendidikan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas