INDONEWS.ID

  • Jum'at, 08/11/2019 09:07 WIB
  • Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Rakornas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah

  • Oleh :
    • Mancik
Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Rakornas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah
Presiden Joko Widodo.(Foto: IST)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka acara Rapat Koordinasi Nasional Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang diselenggarakan oleh Kemendagri di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat pada 13 November 2019. Hal itu dikonfirmasi Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar.

"Rakornas Forkopimda nanti di Sentul rencananya akan dibuka langsung oleh Bapak Presiden, bahkan Bapak Wapres juga akan turut memberikan arahan," kata Bahtiar di Jakarta, Kamis (07/11/2019) kemarin.

Baca juga : Sambut Idulfitri 1445 Hijriah, Kemendagri Gelar Bakti Sosial dan Bazar Ramadan

Acara untuk sinkronisasi Program Prioritas Nasional itu akan dibagi dalam 8 (delapan) sesi. Per sesinya akan diisi oleh narasumber dari Kementerian maupun Lembaga untuk memaparkan pokok pikirannya terkait Program Prioritas Nasional yang dicanangkan Pemerintah Presiden Joko Widodo.

"Acara akan dibagi ke beberapa sesi, narasumbernya dari Kementerian/Lembaga maupun badan, dan akan dipandu oleh pejabat esselon I di lingkungan Kemendagri. Tentunya dalam kesempatan ini banyak pokok-pokok pikiran yang akan dijabarkan oleh berbagai narasumber terkait Visi-Misi Presiden, karena kita tahu bahwa tidak ada visi-misi Kementerian, dan ini menyangkut program kita hingga tahun 2024 nanti, " jelas Bahtiar.

Baca juga : Kunjungi Papua Tengah, BSKDN Kemendagri Tegaskan Pentingnya Inovasi Dilihat dari Sudut Pandang Penerima Manfaat

Jika tak ada perubahan, diskusi Panel I dengan tema "Kebijakan Strategis 2020-2024" akan diisi oleh Menkopolhukam, Menko Perekonomian, Menko PMK, Menko Kemaritiman dan Investasi, dan akan dimoderatori oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri.

Panel II terkait dengan "Pembangunan SDM" akan menghadirkan Mendikbud, Menkes, Mensos, Menkeu, dan Menag sebagai narasumber. Penel ini akan dimoderatori oleh Kepala BPSDM Kemendagri.

Baca juga : Kepala BSKDN Kemendagri Beberkan Isu Strategis 4 DOB Papua

Panel III, yakni pembahasan "Pembangunan Infrastruktur" akan diisi oleh Menteri BPN/Bappenas, Menteri PUPR, Menhub, Menkominfo, dan Mendes PDTT selaku narasumber. Penel ini akan dimoderatori oleh Dirjen Bina Bangda Kemendagri.

Panel IV dengan tema "Penyederhanaan Regulasi dan Reformasi Birokrasi" akan menghadirkan narasumber Menkumham, Menpan-RB, Kepala BPKM, Menaker, Menteri ATR/BPN, dan akan dipandu oleh Dirjen Bina Adwil Kemendagri.

Panel V terkait dengan "Transformasi Ekonomi I" akan diisi oleh paparan dari Mendag, Menperin, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri BUMN, yang akan dipandu oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri.

Panel VI terkait tema "Transformasi Ekonomi II" akan diisi paparan dari Menpar dan Ekonomi Kreatif, Menteri ESDM, Menteri LHK, Menteri KKP. Panel akan dipandu Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Panel VII dengan tema "Pengawasan" akan diisi oleh Irjen Kemendagri, Ketua KPK, Ketua BPK, dan Ketua BPKP, serta akan dipandu oleh Inspektur III Irjen Kemendagri.

Panel VIII terkait dengan "Penegakkan Hukum dan Keamanan" akan diisi oleh Jaksa Agung, Kapolri, Panglima TNI. Acara akan dipandu oleh Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

"Acara ini strategis untuk menyelaraskan visi-misi Pemerintah Pusat dan Pemda kedepan, karena semua akan berbicara mengenai sinkronisasi itu, agak seluruh Pemda serempak mendukung Program Prioritas kita bersama," tutup Bahtiar.*

 

Artikel Terkait
Sambut Idulfitri 1445 Hijriah, Kemendagri Gelar Bakti Sosial dan Bazar Ramadan
Kunjungi Papua Tengah, BSKDN Kemendagri Tegaskan Pentingnya Inovasi Dilihat dari Sudut Pandang Penerima Manfaat
Kepala BSKDN Kemendagri Beberkan Isu Strategis 4 DOB Papua
Artikel Terkini
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas