INDONEWS.ID

  • Jum'at, 15/11/2019 16:43 WIB
  • Ke Lampung, Jokowi Resmikan Tol Trans Sumatra Sepanjang 189 KM

  • Oleh :
    • Ronald
Ke Lampung, Jokowi Resmikan Tol Trans Sumatra Sepanjang 189 KM
Presiden Joko Widodo meresmikan ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di Kabupaten Mesuji, Lampung, Jumat, (15/11/2019). (Foto : Ist)

Bandar Lampung, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo meresmikan ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung. Ruas tol ini bagian dari Tol Trans Sumatra dengan panjang mencapai 189 kilometer (km).

"Ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Dan kita harapkan nanti disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang dan Palembang ke Banyuasin," kata Jokowi di Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240, Kabupaten Mesuji, Lampung, Jumat, (15/11/2019).
 
Jokowi menyebutkan bahwa kehadiran jalan tol ini memiliki manfaat bagi kehidupan masyarakat di Sumatra. Di antaranya, menciptakan titik-titik ekonomi baru dan membuat jaringan logistik menjadi lebih baik.

Baca juga : Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa

Menurut Presdien, Keberadaan jalan tol dapat mempercepat mengangkut hasil produksi, seperti karet, kelapa sawit, serta ikan. Jalan tol juga menciptakan lapangan kerja baru.
  
Jalan tol, sambung Jokowi, merupakan upaya pemerintah membangun peradaban. Masyarakat yang sebelumnya melintasi jalan kecil di kampung-kampung, jalan kabupaten, jalan provinsi, serta jalan nasional, kini dapat menikmati jalan tol.
 
""Yang kelima berkaitan dengan keadalian sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jadi jalan tol bukan hanya di Jawa saja. Seluruh rakyat bisa menikmati. Sekali lagi mobilitas orang, mobilitas jasa semuanya akan lebih cepat lagi," beber Presiden.
 
Kepala negara memastikan pemerintah terus membangun jalan tol di Sumatra. Ia berharap Tol Trans Sumatra bisa terhubung dari Lampung sampai Aceh dengan panjang mencapai 2.700 km pada 2024.

Diketahui, dalam kunjungan kerja ini, sejumlah pejabat yang mendampingi Jokowi di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto. (rnl)
 

Baca juga : Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Artikel Terkait
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU
Artikel Terkini
Antisipasi Kebijakan Ekonomi dan Politik dalam Perang Iran -Israel
Berangkatkan Lebih dari 10 Ribu Penumpang, Mudik Gratis di Sumut Berhasil Tekan Penggunaan Sepeda Motor
Pimpinan PNM Tegaskan Program Mekaar Solusi bagi Perempuan Indonesia
Kisah Sukses Dewi, Nasabah PNM Kembangkan Bisnis Minuman Kesehatan
Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas