INDONEWS.ID

  • Jum'at, 15/11/2019 19:03 WIB
  • Bahas Optimalisasi Dana Desa, Mendagri Terima Audiensi Menteri Abdul Halim Iskandar

  • Oleh :
    • Mancik
Bahas Optimalisasi Dana Desa, Mendagri Terima Audiensi Menteri Abdul Halim Iskandar
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan Menteri Desa dan PDT, Abdul Halim Iskandar, usai membahas optimalisasi penggunaan dana desa.(Foto:Puspen Kemendagri)

Jakarta,INDONEWS.ID - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menengaskan, keberadaan dana desa memiliki peran besar dalam mendorong kemajuan pembangunan ditingkat desa. Pemanfaatan dana desa perlu dioptimalkan sehingga masyarakat merasakan manfaatnya.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian saat menerima audiensi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi Abdul Halim Iskandar di ruang kerjanya, Gedung A Kemendagri.

Baca juga : Mendagri Tekankan Perlunya Saling Percaya dalam Kerja Sama KPPU dan Kemendagri

"Dana Desa memiliki peran besar dalam Program Prioritas Nasional Presiden Jokowi. Nah, pertemuan tadi dalam rangka membahas optimalisasi pemanfaatan dana desa. Kita tahu, masih banyak permasalahan dana desa yang memerlukan sinergi antara kementerian maupun lembaga, dan ini adalah salah satu bentuk kerjasama antar Kemendagri dan Kemendes PDTT untuk optimalisasi dana desa," kata Tito, Jakarta, Jumat,(15/11/2019)

Pembinaan dan pendampingan dana desa juga menjadi salah satu poin dalam pembahasan tersebut. Peningkatan pengelolaan dana desa mesti didorong dengan berbasis IT. Pilihan ini menjadi salah satu cara dalam mengoptimalkan penggunaan dana desa yang sudah bergulir beberapa tahun yang lalu.

Baca juga : Sinergi dan Kolaborasi dalam Menjalankan Tugas, Menteri ATR/BPN Kunjungi Mendagri Tito Karnavian

"Kami menyimpulkan perlu dilakukan pembinaan dan pendamping dana desa terutama peningkatan pengelolaan dana desa berbasis IT. Nantinya bagi desa yang serapannya rendah maka Kemendes akan melapor ke Kemendagri, agar dilakukan pembinaan,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut Mendagri didampingi Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Nata Irawan.Sementara Mendes PDTT hadir beserta Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, PDTT Anwar Sanusi,Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Taufik Madjid, dan Ir. Harlina Sulistyorini,selaku Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Perdesaan.*

Baca juga : Lantik Pj. Gubernur Aceh, Mendagri Sampaikan Beberapa Pesan Penting
Artikel Terkait
Mendagri Tekankan Perlunya Saling Percaya dalam Kerja Sama KPPU dan Kemendagri
Sinergi dan Kolaborasi dalam Menjalankan Tugas, Menteri ATR/BPN Kunjungi Mendagri Tito Karnavian
Lantik Pj. Gubernur Aceh, Mendagri Sampaikan Beberapa Pesan Penting
Artikel Terkini
Mendagri Minta Pemerintah Daerah Jaga Stabilitas Laju Inflasi Usai Libur Lebaran
Kerja Sama dengan Koso Nippon, BSKDN Kemendagri Harap Daerah Terapkan Review Program
Kemendagri: Jadikan Musrenbang sebagai Wadah Pengentasan Kemiskinan Ekstrem
Kerja Sama Indonesia-Singapura Terus Berlanjut, Menko Airlangga Bahas Isu-Isu Strategis dengan Menteri Luar Negeri Singapura
Serius Maju Pilgub NTT 2024, Ardy Mbalembout Resmi Mendaftar di DPD Demokrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas