INDONEWS.ID

  • Sabtu, 30/11/2019 23:29 WIB
  • Presiden Filipina Rodrigo Duterte Resmi Buka Sea Games 2019

  • Oleh :
    • Ronald
Presiden Filipina Rodrigo Duterte Resmi Buka Sea Games 2019
Opening Ceremony Sea Games 2019 di Filipina. (Foto : Ist)
Manila, INDONEWS.ID - Pesta akbar multievent dua tahunan tingkat Asia Tenggara, Sea Games tahun 2019 resmi dibuka oleh Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, di Philippine Arena, Bulacan, Sabtu Malam (30/11/2019). 

"Saya menyatakan dibuka SEA Games 2019 untuk merayakan olahraga Asia Tenggara, Mabuhay Kayong Lahat!" pesan singkat Presiden Duterte sebagai tanda SEA Games 2019 resmi dimulai dihadapan atlet,official, penonton serta awak media, Sabtu Malam (30/11/2019).
 
Pembukaan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara ke-30 yang memiliki motto `We Win As One` tidak hanya berlangsung di Philippine Arena, tetapi juga melibatkan Clark City sebagai lokasi kaldron.
 
Sebelumnya, Abraham N. Tolentino, NOC Filipina, menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran seluruh kontingen dari negara negara peserta.
 
"Malam ini seluruh delegasi dari negara peserta telah datang untuk berpartisipasi. Selamat malam di Filipina. Saya ingin berterima kasih untuk seluruh pihak yang sudah bekerja keras sampai ajang SEA Games ini bisa terlaksana. Kepada seluruh volunter, seluruh panitia, atlet. Kamu membuat negaramu bangga. Lebih dari itu, semangat tetap dikedepankan," kata Abraham dalam sambutannya pembukaan Sea Games 2019.

"Setelah 14 tahun kami menjadi tuan rumah lagi untuk ajang SEA Games 2019. Kami berterima kasih kepada Presiden Duterte yang telah mendukung dan menjadikan kita sebagai tuan rumah terbesar dan terbaik dalam sejarah penyelenggaraan SEA Games. Olahraga membuat kita bersama berdiri. Kita bisa mendapat pengalaman, jadi bukan hanya olahraga tapi lebih dari itu. We Win as One. Welcome to the Filipina, Mabuha," lanjutnya.

Opening Ceremony pembukaan dimulai pukul 19.00 WIB dengan ditandai kedatangan Duterte dengan mengenakan kemeja putih, yang langsung disambut warga di dalam Philippine Arena, Bulacan.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Filipina, Lupang Hinirang, yang dibawakan penyanyi populer, Lani Misalucha. Diikuti penampilan tarian tradisional penduduk Maranou di bagian selatan Filipina, yakni singkil dance serta, sejumlah hiburan lainnya.

Perayaan dilanjutkan dengan parade defile para atlet. Masing-masing kontingen mengitari panggung besar dengan diiringi tarian dengan dimulai dari Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam, hingga yang paling terakhir kontingen tuan rumah, Filipina.
 
Acara pembukaan SEA Games 2019 melibatkan artis-artis lokal seperti Christian Bautista yang juga tenar di Indonesia. Selain itu terdapat musisi internasional keturunan Filipina, Apl.de.ap yang merupakan salah satu anggota grup vokal The Black Eyed Peas. (rnl)
Artikel Terkait
Perolehan Sementara Medali SEA Games, Indonesia Raih 69 Emas
Catat Sejarah, Pertama Kalinya Tim Modern Pentathlon Indonesia Raih Medali Emas
Regu Putera Cabor Bulutangkis Raih Emas, Susy Susanti : Ini Sesuai Target Kita
Artikel Terkini
Polda Metro Hentikan Penyidikan Kasus Aiman, ICJR Ingatkan Beberapa Kasus Lain yang Serupa
Berkah Ramadan, Persediaan Produk Industri Pengolahan Terserap Optimal Terutama di Pasar Domestik
Pj Bupati Maybrat Bahas Pengembangan Pertanian dengan Direktur Pembiayaan Pertanian, Kementerian Pertanian
Mendagri Minta Pj. Kepala Daerah Segera Penuhi Anggaran Pilkada 2024
Pj Bupati Maybrat Gelar Pertemuan dengan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kemen LHK
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas