INDONEWS.ID

  • Sabtu, 21/12/2019 20:30 WIB
  • Pangdam Pattimura: Kejadian TNI-Polri di Saumlaki Murni Kesalah Pahaman Antar Oknum

  • Oleh :
    • hendro
Pangdam Pattimura: Kejadian TNI-Polri di Saumlaki Murni Kesalah Pahaman Antar Oknum
Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H.

Saumlaki, INDONEWS.ID - Kejadian keributan antara anggota Brimob Kompi 3 Yon C Pelopor Polda Maluku dengan anggota Batalyon 734/SNS yang terjadi di Saumlaki, Kab Kepulauan Tanimbar, Jum’at Malam adalah murni kesalah pahaman (20/12) Hal tersebut dikatakan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H. dalam wawancara persnya di Makodam, Ambon saat menghadiri kegiatan Syukuran Hari Ibu dan HUT Kowad ke 58.

Hubungan sinergitas yang terjalin antara TNI-Polri di wilayah Maluku dan Maluku Utara selama ini dinilai sudah sangat baik. Peristiwa yang terjadi sebetulnya hanyalah oleh oknum karena kesalah pahaman, tapi karena situasi kejadian peristiwa itu di sekitar Pasar Saumlaki depan Town Square (Satos) sangat ramai sehingga banyak yang ikut mencoba melerai dan sekedar menonton.

Baca juga : Ketua KIP: Pertamina Jadi `Role Model` Keterbukaan Informasi Publik di Sektor Energi

“Saya bersama Kapolda Maluku tadi malam telah sepakat untuk menyelesaikannya dengan baik, arif dan bijaksana, pengamanan terhadap personil masing-masing pihak agar tidak melebar, mengendalikan situasi agar kembali kondusif dan seluruh personel kembali ke dalam asrama, setiap perkembangan dilaporkan kepada Saya”, ujar Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, karena ini  murni kesalah pahaman, maka semua sudah menyadari kesalahan masing-masing, dan nantinya semua pasti akan diproses jika terbukti bersalah sesuai dengan hukum yang berlaku.

Baca juga : Kemendagri Intruksikan Pemprov Kaltara Percepat Pembangunan Daerah Berbasis Inovasi

Pangdam beserta Kapolda telah mengambil tindakan-tindakan preventif guna mencegah kejadian tersebut meluas dan situasi keamanan tidak terkendali. Komandan Brigif 27/Nusa Ina, Dandim 1507/Saumlaki, Perwira Pom sudah berada di Saumlaki untuk menenangkan situasi. Hari ini Kapolda dan Pangdam akan bertolak menuju Saumlaki guna memberikan pengarahan kepada personel jajarannya dan masyarakat.

Pangdam berharap, ditengah suasana religi jelang natal dan tahun baru 2020, agar jangan terganggu dengan hal-hal seperti kejadian seperti ini.

Baca juga : Semangat Kartini dalam Konteks Kebangsaan dan Keagamaan Moderen

“Mohon doanya semoga kejadian ini tidak berkembang karena Maluku ini sangat berharga, menjadi Provinsi dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di Indonesia," tandas Pangdam.

“Kedepan kami akan mengadakan kegiatan untuk  memperkuat lagi sinergitas TNI-Polri baik dengan olah raga bersama dll," tutup Pangdam.

Pangdam juga menghimbau, untuk selalu menjaga pilar keamanan, menjelang suasana natal dan tahun baru 2020, agar masyarakat Maluku lebih menjaga kondisi lingkungan agar kondusif, dengan tidak minum-minuman keras dan lain-lain.

Artikel Terkait
Ketua KIP: Pertamina Jadi `Role Model` Keterbukaan Informasi Publik di Sektor Energi
Kemendagri Intruksikan Pemprov Kaltara Percepat Pembangunan Daerah Berbasis Inovasi
Semangat Kartini dalam Konteks Kebangsaan dan Keagamaan Moderen
Artikel Terkini
Ketua KIP: Pertamina Jadi `Role Model` Keterbukaan Informasi Publik di Sektor Energi
Kemendagri Intruksikan Pemprov Kaltara Percepat Pembangunan Daerah Berbasis Inovasi
Semangat Kartini dalam Konteks Kebangsaan dan Keagamaan Moderen
Kementerian PUPR Tuntaskan Pembangunan Enam Titik Sumur Bor Bertenaga Matahari di Mamuju
Kemenangan Prabowo-Gibran Peluang Bagi Pengembangan Ekonomi Kelautan dan Konektivitas Antarpulau
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas