INDONEWS.ID

  • Minggu, 19/01/2020 10:45 WIB
  • Jokowi-BG Lempar Kode Sandiaga Jadi Presiden 2024, Pengamat: Prabowo Masih Berpeluang

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Jokowi-BG Lempar Kode Sandiaga Jadi Presiden 2024, Pengamat: Prabowo Masih Berpeluang
Dewan Penasihat Partai Gerindra Sandiaga Uno (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kepala BIN Budi Gunawan (BG) secara bergantian melempar `kode` 2024 kepada Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno.

Banjir `kode` yang dilemparkan ke Sandiaga Uno tersebut terjadi dalam acara HIPMI. Jokowi dengan senyum merekah menimpali Kepala BPKM yang juga mantan Ketum HIPMI Bahlil Lahadalia, yang menyinggung kontestasinya dengan Sandiaga di Pilpres 2019.

Baca juga : Survei Polmark: Jokowi-BG Kalahkan Jokowi-Gatot

Menanggapi Bahlil, Jokowi menyapa Sandiaga Uno dengan berpesan `hati-hati 2024`. Selain itu, Jokowi meyakini pernyataan Bahlil bahwa penggantinya di 2024 akan berasal dari kalangan HIPMI, kendati dia tidak menyebutkan nama namun Sandiaga sulit dibantahkan Jika tokoh yang dimkasud adalah Sandiaga. Sebab Sandiaga adalah mantan pengurus HIPMI.

Sementara itu, Ketua PB Esport Indonesia Budi Gunawan (GB), juga berbicara soal politik ketika menyapa Sandiaga dalam acara pelantikan pengurus PB e-Sport periode 2020-2024. Dia menyinggung Sandiaga sambil bicara soal calon kuat presiden penerus.

Merespon `lemparan kode` kode tersebut, Pengamat Politik Rico Marbun mengatakan itu adalah sebuah bentuk pujian dan biasanya pujian dari mantan lawan politik memiliki makna ganda.

"Pujian dari orang-oraan yang pernah punya sejarah menjadi lawan politik itu belum tentu baik," kata Rico Marbun kepada wartawan, Minggu (19/1/2020).

Menurutnya, peluang Sandiaga maju Pilpres 2024 kembali kepada Prabowo Subianto. Dia menilai Prabowo masih berpeluang maju Pilpres 2024.

"Yang harus ditanya lebih dulu, ini kira-kira Prabowo masih punya hasrat tidak untuk maju di 2024? Karena kan Sandiaga dan Prabowo berasal dari satu partai yang sama. Saya menduga masih ada kemungkinan Prabowo maju 2024," sebut Rico Marbun.

"Ada dua alasan, pertama hampir semua kegiatan Prabowo di Dephan sekarang ini kita lihat secara sistematis dibranding dan disebar dalam media sosial. Kedua, usia belum tentu jadi penghalang mengingat KH Ma`ruf saja yang cukup lanjut usianya tetap segar dan bisa maju pilpres bahkan bisa menang, apalagi Prabowo," imbuh dia.

Karena Prabowo masih mungkin maju pilpres, kode-kode dari Jokowi dan BG ini dinilai bisa bikin Sandiaga kikuk dengan Prabowo Subianto.

"Ini bisa jadi kekikukan tersendiri antara Prabowo dan Sandiaga," nilai Rico.*(Rikardo). 

Artikel Terkait
Survei Polmark: Jokowi-BG Kalahkan Jokowi-Gatot
Artikel Terkini
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas