INDONEWS.ID

  • Senin, 11/09/2017 12:20 WIB
  • Tol Jombang-Mojokerto, Ramah Lingkungan dengan Fasilitas Memadai

  • Oleh :
    • very
Tol Jombang-Mojokerto, Ramah Lingkungan dengan Fasilitas Memadai
Presiden Jokowi beserta karyawan PT Marga Harjaya Infrastruktur di depan gerbang Tol Mojokerto pada hari Minggu (10/9). (Foto: Ist)

Jombang, INDONEWS.ID - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan beroperasinya secara penuh jalan tol Jombang-Mojokerto yang dikelola oleh PT Marga Harjaya Infrastruktur (ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto), Minggu (10/9).

Jalan tol sepanjang 40,5 km ini dapat beroperasi penuh setelah pembangunan seksi 2, 3 dan 4 tol ini rampung pada Agustus 2017. Tol Jombang-Mojokerto ini menghubungkan bagian barat Kabupaten Jombang dengan bagian utara Kabupaten Mojokerto (Desa Penompo).

Baca juga : Datangkan Pelatih Ahli, PTPN VI Gelar Pelatihan di Bidang Konstruksi dan Infrastruktur

Presiden Direktur PT MHI Wiwiek D. Santoso kepada Presiden Jokowi dan rombongan menyatakan, pembangunan tol tersebut menggunakan metode yang ramah lingkungan.

Pada konstruksi Jembatan Brantas menggunakan metode Balanced Cantilever yang berarti konstruksi tersebut dapat mengurangi jumlah pilar jembatan di tengah sungai, sehingga luasan penampang basah Sungai Brantas tidak terganggu.

Baca juga : Lintasarta Paparkan "Managed Hyperscaler" sebagai Solusi Terbaik untuk Mengelola Operasional Infrastruktur Cloud Perusahaan

Jalan tol ini dilengkapi dengan pemasangan wire rope di median jalan tol untuk menambah faktor keselamatan pengguna kendaraan. Berbeda dengan guardrail atau concrete barrier yang lebih concern pada faktor penahan benturan, wire rope tidak hanya menahan, tetapi mengurangi dampak benturan.

Untuk meningkatkan kenyamanan, jalan tol Jombang – Mojokerto juga dilengkapi dengan fasilitas 4 rest area yang berada di km 679 dan km 695 untuk istirahat dan beribadah.

Baca juga : Uji Coba Bensin Bioetanol, PTPN Grup Berkomitmen Terus Kembangkan Energi Ramah Lingkungan

Bagi pengguna jalan tol yang membutuhkan informasi dan bantuan, atau mengalami hambatan di sepanjang ruas jalan tol Jombang – Mojokerto dapat menghubungi call center di (0321) 888123. Di samping itu, tersedia fasilitas pelayanan yang siap siaga 24 jam, yaitu 3 unit layanan jalan tol, 4 unit derek, 2 unit ambulance dan 1 unit rescue.

Melewati 35 desa di Kabupaten Jombang dan Mojokerto, keberadaan ruas jalan tol ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar tol.

ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto merupakan pemegang konsesi ruas tol Jombang-Mojokerto yang sepenuhnya dimiliki oleh PT Astratel Nusantara (ASTRA Infra). ASTRA Infra, yang merupakan perusahaan infrastruktur milik PT Astra International Tbk menargetkan kepemilikan tol sepanjang 500 km pada 2020. Hingga September 2017, Astra memiliki jalan tol sepanjang 353 km yang terdiri dari tol Tangerang – Merak, Kunciran – Serpong, Jombang – Mojokerto, Semarang-Solo, Serpong – Balaraja, dan Cikopo-Palimanan. (Very)

 

Artikel Terkait
Datangkan Pelatih Ahli, PTPN VI Gelar Pelatihan di Bidang Konstruksi dan Infrastruktur
Lintasarta Paparkan "Managed Hyperscaler" sebagai Solusi Terbaik untuk Mengelola Operasional Infrastruktur Cloud Perusahaan
Uji Coba Bensin Bioetanol, PTPN Grup Berkomitmen Terus Kembangkan Energi Ramah Lingkungan
Artikel Terkini
The Hermansyah Family Gelar Buka Puasa Bersama Karyawan di Pertengahan Bulan Ramadan
Pj Gubernur Agus Fatoni Harapkan Pelaksanaan PSN di Sumsel Berjalan Dengan Lancar
Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Syariah Festival Sriwijaya 2024 BI Perwakilan Sumsel
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas