Presiden Jokowi Tetapkan 19 April Hari Libur di Jakarta

Percetakan Surat Suara Putaran Kedua Ketua KPU DKI Sumarno menunjukkan contoh surat suara untuk putaran kedua Pilkada DKI Jakarta di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (23/3). Sekitar 7,2 juta surat suara akan di cetak sesuai daftar pemilih Sementara (DPS) yang di tentukan KPU DKI dan ditambah 2,5 persen sebagai cadangan. Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika

Jakarta, INDONEWS.ID — Presiden menetapkan 19 April 2017 sebagai hari libur untuk warga Jakarta. Hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat DKI Jakarta menggunakan hak pilihnya.

Humas Kementerian Sekretariat Negara di Jakarta, Jumat (14/4/2017) menginformasikan  bahwa Presiden Joko Widodo pada 13 April 2017 telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2017.

Keppres ini mengatur Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Tahun 2017 Putaran Kedua Sebagai Hari Libur di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Dengan demikian, pada 19 April 2017, Provinsi DKI Jakarta akan libur sehari untuk Pilkada Provinsi DKI Jakarta Putaran Kedua.

Keputusan Presiden itu dikeluarkan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Jakarta dalam menyalurkan hak pilihnya.

Pasal 84 ayat (3) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang menyatakan pemungutan suara dilakukan pada hari libur atau hari yang diliburkan.

Seperti diketahui, KPU DKI Jakarta telah menetapkan pilkada putaran kedua di DKI Jakarta jatuh pada 19 April 2017.

Warga DKI Jakarta akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur dari dua pasang calon yang ada yaitu, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. (Very)