Tim Gabungan Berhasil Amankan Kapal Pengangkut Narkoba 1 Ton

Kapal penyelundup sabu satu ton Wonderlust yang diamankan tim Gabungan (ist)

Depok, INDONEWS.ID – Setelah sempat kabur menggunakan jalur laut, Tim Gabungan Dit Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok bekerja sama dengan Polda Kepri dan Bea Cukai Pusat berhasil mengamankan kapal yang diduga kuat membawa narkoba jenis sabu sebanyak satu ton dari China.

Menurut Kasubbag Humas Polresta Depok AKP Firdaus, penangkapan kapal Ini adalah hasil pengembangan dari penangkapan empat warga negara asal Taiwan beberapa hari lalu di Anyer.

“Ini merupakan pengembangan dari kasus yang sebelumnya. Para tersangka sudah ditangkap di Dermaga eks Hotel Mandalika, Anyer-Serang,” ujar Kasubbag Humas Polresta Depok AKP Firdaus, Minggu (16/7/2017) kemarin.

Firdaus menjelaskan, berdasarkan fakta yang didapat Tim gabungan Satgas Merah Putih telah melakukan penghadangan terhadap satu unit kapal tipe Pleasure Yacht. Kemudian melakukan penangkapan terhadap kapal tersebut yang diduga kuat membawa narkoba jenis sabu dari China dan menghantarkan ke Dermaga eks Hotel Mandalika, Anyer-Serang.

“Penangkapannya di Perairan Tanjung Berakit pada hari Sabtu, (15/7/2017) sekitar pukul 15.00 WIB,” jelasnya.

Dari penangkapan itu, tambah Firdaus, barang bukti yang diamankan satu unit kapal tipe Pleasure Yacht dengan spesifikasi nama kapal Wanderlust, bendera Republic of Sierra Leone, call sign 9LU2258, panjang : 27,9 meter, lebar 6,45 meter, bobot tonase : 134 MT, tahun Pembuatan 2001. Kemudian dua unit Rubber Boat berwarna Biru, 1 Unit Mesin Boat Yamaha dan 1 Unit Mesin Boat Tohatsu.

Sedangkan, para tersangka lain yang diamankan bersama dengan kapal antara lain Tsai Chih Hung, Sun Chih Feng, Kuo Chun Yuan, Kuo Chun Hsiung dan Juang Jin Sheng. (hdr)