Nasional

Menhub Klaim Belum Ada Kasus Penularan Covid-19 di Pesawat

Oleh : Ronald - Rabu, 23/09/2020 23:30 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sejak protokol kesehatan di bandara dilakukan secara ketat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim belum ada kasus penularan covid-19 (korona) terjadi di dalam pesawat.

“Sektor udara merupakan satu sektor yang paling rigid memberikan pengamanan terhadap kesehatan dengan angka (penularan) yang relatif enggak ada. Mereka yang terbang enggak ada yang terpapar Covid-19,” kata Menhub Budi Karya dalam webinar, Rabu, (23/9/2020).

Ia meminta otoritas bandara konsisten menerapkan protokol kesehatan ketat. Petugas bandara, operator, dan penumpang diminta mematuhi protokol kesehatan agar tidak terjadi penyebaran covid-19.

Di samping itu, pesawat telah memiliki teknologi high efficiency particulate air atau HEPA. Fasilitas ini disebut dapat menyaring partikel hingga 99 persen dan menciptakan udara bersih.

“Semua jajaran di bandara harus terus menerapkan protokol kesehatan. Kita tidak tahu pasti bagaimana perkembangan covid-19 ini ke depan,” kata Budi.
 
Budi menegaskan standar penerapan protokol kesehatan harus diterapkan di seluruh bandara, tidak hanya Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Dia menuturkan perlu ada hasil rapid test, hingga pembersihan bandara.
 
"Ini harus dilakukan dengan baik. Tak terkecuali di Papua, Aceh, Kalimantan Utara, harus punya standar yang tinggi juga," tutur Budi.
 
Meski demikian, Budi Karya mengatakan masyarakat masih enggan melakukan perjalanan dengan pesawat karena khawatir dengan penyebaran virus. Karena itu, dia meminta pihak bandara dan maskapai mengampanyekan keamanan penerbangan melalui media-media sosial.

Sebelumnya, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan terkonfirmasi positif covid-19. Ia diduga terpapar dalam perjalanan Jakarta-Padang via pesawat udara.
 
Trinda mengungkapkan berdasarkan uji swab pada Senin, 31 Agustus 2020, hasilnya negatif. Dia kemungkinan terpapar covid-19 saat perjalanan ke Jakarta pada Selasa, 1 September 2020 hingga Kamis, 3 September 2020.
 
"Hari Selasa sampai Kamis saya harus ke Jakarta, berkemungkinan terpapar di pesawat," kata Trinda, Selasa, (8/9) lalu. (rnl)
Loading...

Artikel Terkait