Nasional

6 Pasien Positif Corona, Khofifah: Mereka Datang dari Berbagai Rumah Sakit

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 18/03/2020 09:30 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengumumkan ada 6 orang positif terinfeksi virus korona atau covid-19 di Jawa Timur. Keenam pasien saat ini sudah ditangani oleh paramedis secara profesional.

“Namun, 6 pasien positif tersebut tidak datang dari satu rumah sakit, melainkan dari berbagai rumah sakit di Surabaya. Saya tidak bisa bilang rumah sakitnya mana karena bukan kewenangan kami," ujar Khofifah.

Menurut Khofifah ke-6 orang tersebut awalnya memang atas inisiatif sendiri memeriksakan kondisi kesehatannya. Setelah dicek di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya ke-6 orang itu dinyatakan positif.

"Kami tidak mungkin menjelaskan secara detail data orang yang positif Covid-19 ini agar tidak menimbulkan kepanikan,” kata Khofifah, Selasa (17/3/2020).

Khofifah mengaku langsung menelusuri siapa saja yang pernah kontak dengan korban positif covid-19 tersebut.

16 PDP dan 25 ODP

Menurut Khofifah, di Jatim, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih 16 orang dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) berjumlah 25 orang.

“Semua masih menjalani pemeriksaan secara intensif dan semoga tidak bertambah lagi,” ujar Khofifah.

Sebelumnya, Ketua Institut Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair), Prof Maria Lucia Inge Lucida, mengkonfirmasi adanya 6 Spesimen Positif Corona, Selasa (17/3/2020).

Jumlah itu melengkapi jumlah 172 Pasien Positif yang dinyatakan Jubir Kepresidenan Satgas Penangangan Korona Dr Achmad Yurianto, pada Minggu (15/3/2020).*(Rikardo). 

 

Artikel Terkait