Nasional

Duh Melonjak Drastis! Singapura Jadi Negara dengan Covid-19 Terbanyak di Asean

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 20/04/2020 10:01 WIB

Pemandangan di salah satu sudut Singapora (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Singapura dilaporkan menjadi negara dengan jumllah kasus coronavirus atau covid-19 terbanyak di Asia Tenggara. Kasus penyakit virus corona di Negeri Singa ini mencapai 6.788 kasus per hari Minggu (19/4/2020).

Berdasarkan data dari Worldometers, Singapura mengalami lonjakan angka covid-19 hingga 596 kasus pada Minggu siang. Angka tersebut membuat Indonesia satu tingkat di bawahnya.

Sebelumnya, Indonesia menempati peringkat pertama, Singapura kini menjadi negara sebagai negara Asia Tenggara yang memiliki jumlah kasus terbanyak.

Bloomberg melaporkan, lonjakan kasus tersebut kebanyakan berasal dari para Tenaga Kerja Asing (TKA) yang memiliki upah rendah.

Kementerian kesehatan setempat merilis pernyataan bahwa dari 596 kasus baru tersebut, hanya 25 kasus yang terjadi pada penduduk tetap Singapura.

Sejak akhir Maret, negara-negara di Asia Tenggara telah mengalami lonjakan transmisi lokal yang sebagian memengaruhi pekerja asing yang tinggal di asrama yang padat.

Pemerintah setempat pun memperketat aturan masuk dengan mewajibkan penggunaan masker dan menggelontorkan miliaran dolar, bahkan melakukan penguncian selama satu minggu untuk menekan penyebaran virus.

Dengan angka ini, Singapura melampaui Indonesia yang kini memiliki 6.248 kasus virus corona dan Filipina dengan 6087 kasus. Ketiga negara ini menjadi negara dengan kasus covid-19 di Asia Tenggara.*(Rikardo).

Artikel Terkait