Nasional

TP-PKK Pusat Bekerjasama Satgas Covid-19 Menyiapkan Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19

Oleh : luska - Sabtu, 28/11/2020 12:08 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - November 2020 tepat setahun masyarakat diseluruh penjuru dunia digemparkan dengan hadirnya Covid-19 yang memaksa kita semua untuk berjuang menghentikan penyebaran Covid-19 dan bertahan dalam kondisi New Normal demi keberlangsungan kehidupan bersama. 

Peran serta dan kepedulian seluruh lapisan masyarakat termasuk jajaran organisasi kemasyarakatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menjadi poin penting dalam upaya pencegahan dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Tim Penggerak PKK Pusat yang diketuai oleh Tri Tito Karnavian  bekerja sama dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 untuk mengadakan Pelatihan Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19 sebagai upaya menyiapkan kader perubahan perilaku sehat di masyarakat yang tersebar di 17 provinsi dan 30 kabupaten/kota terpilih, yang diprioritaskan kepada daerah yang akan melaksanakan pilkada dan daerah yang memiliki risiko tinggi terjadinya penyebaran covid-19, berikut penjelasan  Nana Safriati Safrizal, ZA selaku Ketua Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan Tim Penggerak PKK Pusat.

Kepala Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan, Tim Penggerak PKK Pusat Nana Safriati Safrizal, ZA pada kesempatan ini menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 1.500 kader PKK yang tersebar di wilayah provinsi, kabupaten,kota, kecamatan, kelurahan dan desa di 17 provinsi yang bertujuan: Pertama, mendorong terjadinya perubahan perilaku sehat di masyarakat sesuai dengan standar protokol kesehatan. Kedua, menciptakan kader-kader PKK sebagai agen perubahan yang mampu memberikan keteladanan dan edukasi kepada lingkungannya.Ketiga, kader PKK yang dilatih menjadi Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19 ini akan melaksanakan tugas secara berkesinambungan dengan rencana program dan kegiatan Pembentukan Kampung Sehat PKK.

“Menjadi bagian dari perubahan khususnya kondisi tatanan normal baru,  menjadi poin penting dalam program  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. Tentunya dalam pelaksanaan perubahan diperlukan komitmen dan dukungan dari seluruh Kader Tim Penggerak PKK dengan mengedepankan unsur  keteladanan dan keterampilan yang terkandung didalam diri seorang Kader PKK sebagai  agent of change  yang mampu menjadi magnet  perubahan saat berdampingan dengan  masyarakat melalui ketulusan pengabdian dan kontribusi dari kader-kader  dalam semua kegiatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK), khususnya dalam pencegahan penyebaran covid-19 “harap  Nana Safriati Safrizal, ZA. (Lka)

 

Artikel Terkait