Nasional

Rizal Ramli: Pemimpin yang Kehilangan Kepercayaan Sulit Membawa Bangsanya Keluar dari Krisis

Oleh : very - Minggu, 24/01/2021 23:01 WIB

Rizal Ramli dalam dialog dengan Mahasiswa. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Krisis dan peluang merupakan dua sisi mata uang yang sama. Dalam setiap krisis, selalu ada peluang untuk bisa menjadi lebih baik.

"Krisis dan Opportunities adalah dua sisi mata uang yang sama,” ujar ekonom senior Rizal Ramli melalui akun Twitter pribadinya, @RamliRizal, pada Sabtu (23/1).

Menko Kemaritiman itu mengatakan bahwa seorang pemimpin yang hebat pasti akan mampu mengubah krisis menjadi kesempatan untuk perbaikan dan kemajuan.

"Contohnya Presiden Franklin Roosevelt ubah depresi ekonomi AS jadi hebat. Mahathir 1998 Malaysia tidak kena krisis. Erdogan Turkey,” ujar mantan Menko Perekonomian pada era Presiden Gus Dur itu.

Namun demikian, yang dibutuhkan bukan sekadar strategi jitu dari pemimpin. Tapi juga kepercayaan dari rakyat bahwa pemimpinnya mampu menjadi pemimpin.

Sementara pemimpin yang telah kehilangan kepercayaan, baik karena suka berbohong maupun ada lingkaran KKN maka dapat dipastikan akan sulit keluar dari krisis.

“Selain strategi, kunci utama keluar dari krisis adalah kepercayaan (trust). Pemimpin-pemimpin yang telah kehilangan kepercayaan, baik karena terlalu suka berbohong maupun ternoda karena KKN, sulit untuk mampu membawa bangsanya keluar dari krisis,” ujar Rizal Ramli.

Sementara itu, mantan Kepala Bulog ini juga memprediksi bahwa krisis ekonomi di tahun 2021 jauh akan lebih buruk ketimbang tahun 2020. (Very)

Loading...

Artikel Terkait