Nasional

Mau Naik Kapal Perang ? Ayo Ikut Serbuan Vaksin Maritim TNI AL Go To School ke Kolinlamil

Oleh : luska - Jum'at, 30/07/2021 13:48 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Anak-anak usia 12-17 tahun menjadi sasaran serbuan vaksinasi maritim TNI AL di Mako Kolinlamil. 

Para siswa siswi 16 sekolah se-Jakarta Utara berbondong bondong  untuk mendapatkan dosis pertama vaksin Sinovac, di Lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (30/7).

Langkah vaksinasi dilakukan mengingat usia 12-17 tahun dinilai rentan tertular, terutama oleh beberapa varian baru virus corona.

Dan ajakan vaksin untuk para siswa siswi ini ke Kolinlamil, juga dimanfaatkan sebagai momentum kunjungan wisata edukasi ke Kapal perang yang terhenti sejak Maret 2020 lalu karena wabah covid 19.

Pada kesempatan itu, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Arsyad Abdullah yang sejak awal program serbuan vaksin  maritim "Go To School" ini mengawasi langsung mengatakan, sejak hari pertama sudah banyak anak-anak remaja yang mengikuti kegiatan ini.

"Di hari kedua terlihat lebih banyak yang datang. Ini menunjukkan animo masyarakat cukup tinggi dengan mengajak anak-anaknya yang berusia 12-17 tahun untuk ikut vaksinasi," ujarnya.

Selain itu, hal ini menunjukkan kesadaran bagi para orang tua dan secara khusus anak-anak remaja untuk membentengi dirinya dari Covid-19 sehingga menciptakan herd
immunity.

Hal serupa dijelaskan Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi yang juga sebagai Komandan Satgas Serbuan Vaksin Maritim Kolinlamil. Ia mengatakan, ada peningkatan jumlah peserta vaksinasi khususnya diusia 12-17
tahun pada hari kedua vaksinasi.

Salah satu remaja yang ikuti serbuan vaksinasi, Muhammad Sulthon (14) dari SMPS Al Jihad mengatakan, dirinya merasa sedikit takut ketika ada ajakan dari sekolahnya untuk vaksinasi.

Namun ia sadar bahwa vaksinasi adalah salah satu cara melindungi tubuh agar terhindar dari Covid-19.

"Awalnya saya takut, tapi ketika disuntik tidak terasa dan setelah 15 menit menunggu (observasi) tidak terjadi apa-apa, jadi ayo segera vaksin," ujarnya.

Lagipula tambahnya, dengan ikut serbuan vaksin maritim "Go To School" di Kolinlamil ini bisa sekalian jajal naik ke kapal perang terbaru TNI AL KRI Teluk Youtefa 522.

"Seru banget, abis vaksin langsung naik Kapal perang. Wow keren" seru siswa sekolah menengah pertama Al Jihad tersebut.

Kegiatan yang diselenggarakan TNI AL (Kolinlamil) dengan Suku Dinas Pendidikan Pemda Kota Administratif Jakarta Utara memasuki hari kedua serbuan vaksinasi.

Kegiatan ini melibatkan 25 tenaga kesehatan (nakes) yang terdiri dari  Dinas Kesehatan Kolinlamil dan Politeknik Kesehatan Hang Tuah.

Vaksinasi dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Para siswa siswi datang langsung ke Mako Kolinlamil dengan membawa kartu identitas diri. (Lka)

TAGS : Kolinlamil

Artikel Terkait