Nasional

MSI Gelar Pameran Lukisan dalam Rangka HUT MSI kr 15 dan HUT Kemerdekaan RI ke 77

Oleh : luska - Kamis, 11/08/2022 11:39 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Mitra Seni Indonesia (MSI) kembali menggelar pameran lukisan seni  budaya dengan menampilkan karya lukisan  anggotanya, kolektor dan komunitas pelukis yang berjumlah seratus  lukisan  bertema’’ Me n’ The City’’ berlangsung dari tanggal 11 Agustus hingga 13 Agustus  di Gedung The Hallf Jalan Patiunus Kebayoran Baru Jakarta  Selatan yang dibuka Asisten Deputi Organisasi Kemasyarakatan dan Keagamaan Dodi M Hidayat  mewakili menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga  dalam sambutan tertulisnya sangat mengapresiasi kegiatan Mitra Seni Indonesia  yang selalu peduli dalam pelestarian dan pengembangan seni budaya Indonesia serta berupaya untuk melibatkan anak anak  dan generasi muda,yang dilakukan oleh MSI. 

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Mitra Seni Indonesia Sari Ramdani Basri mengatakan,  kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun MSI ke 15 dan HUT Kemerdekaan RI ke 77 ini bertujuan untuk memberi wadah apresiasi kepada karya lukis anggota MSI dan mempererat tali silaturahmi anggota komunitas seni lukis lainnya,serta  mengajak generasi muda , anak anak untuk meningkatkan bakat serta keterampilan dalam seni lukis.
Selain itu,mendorong  segala bentuk karya lukis   yang dapat memberikan dampak ekonomi , sebagai salah satu sub sektor  pada ekonomi kreatif di Indonesia.

Kegiatan yang diikuti  44 pelukis yang merupakan  anggota pelukis MSI, IWAPI (Ikatan Wanita Pelukis Indonesia), serta pemerhati dan pelaku dewasa maupun anak anak dan usia remaja  ini akan dijual dan hasil penjualannya akan disalurkan untuk membantu sarana dan prasarana seni anak  anak di Indonesia Timur dan kegiatan seni lainnya. 

Dijelaskan   Sari Ramdani,  dalam kesempatan ini MSI  mengundang para seniman Jelekong Jawa Barat yang pernah mengikuti program residensi yang diadakan MSI dibawah bimbingan seniman Maestro  Sunaryo untuk menimba ilmu dan memperdalam tehnik seni rupa kontemporer. Saat ini MSI mengundang mereka untuk memamerkan karya karya mutakhir sebagai hasil program yang diperoleh. Dengan program  Residensi tersebut, banyak menumbuhkan pelukis baru di Desa Jelekong dan menumbuhkan sektor sektor kegiatan lain seperti kuliner, seni tari, sehingga menjadikan desa tersebut sebagai tujuan wisata. Bahkan saat ini banyak mendatangkan turis domestik maupun asing yang singgah disana untuk belajar melukis.
Sari Ramdani berharap agar Mitra Seni Indonesia tetap konsisten untuk melestarikan kesenian tradisional di Indonesia melalui anggotanya serta mengembangkan seni dan budaya bersama masyarakat luas.

Sementara itu, Ketua penyelenggara Pameran lukisan MSI Yunita Latief,menjelaskan  tema’’Me n’ The City’’atau ‘’Saya dan Kota’’ lekat dengan kehidupan sehari hari yang diekspresikan kedalam lukisan dan  mengasah terhadap makna kehidupan perkotaan.
Menurut Yunita Latief, pameran lukisan ini merupakan kegiatan rutin  yang memamerkan hasil pelatihan lukis anggota  MSI. 
Dijelaskan Yunita,dalam rangkaian peringatan HUT MSI ini selain pameran lukisan juga diadakan workshop melukis diatas kain,Webinar mengenai perawatan lukisan dengan nara sumber yang berpengalaman di bidang nya diantaranya Lia Sumichan konservator independen,  lulusan  University Of Melbourne ini merupakan konservator  lukisan  yang berada di dalam  istana kepresidenan di Jakarta dan Bogor

Selain itu,juga diadakan  Lomba melukis untuk  anak, serta karya lukis pada produk fashion dengan designer anggota Mitra Seni Indonesia diantaranya Ida Royani, Desiree Tarigan yang karyanya  diperagakan para ibu Duta Besar negara negara sahabat, anggota Women Internasional Club. 
Peragaan busana  gaun lukis, diikuti para kreatif illustrator muda dan seniman senior.Mereka  berkarya  untuk mengingatkan masyarakat mengenal keberagaman dan keunikan pertumbuhan kota.
 
Kegiatan peringatan HUT MSI ke 15 akan ditutup dengan puncak acara ‘Parade Seni  Budaya MSI 2022 , tanggal 14 Agustus 2022. Ketua penyelenggara Parade Seni dan Budaya Hesti Kesnarini mengatakan kegiatan ini akan  dimeriahkan dengan menggelar Hasil pelatihan para anggota MSI  sejumlah 18 group dari 23 group pelatihan yang dimiliki Mitra Seni Indonesia. Hesti menambahkan pada acara ini juga akan diselenggarakan lomba kostum terbaik dengan menggunakan  tenun Indonesia dalam rangka mendukung Tenun sebagai warisan budaya  tak benda di UNESCO. Kegiatan ini mengambil tema”Cinta Seni Budaya Indonesia “dengan Tagline ‘’Aku Kamu Dia Cinta  Budaya Indonesia” yang semua ini dalam rangka mendukung Program Pemerintah “’Bangga buatan Indonesia. 

Dirgahayu MSI ke 15, semoga sukses dalam mengembangkan visi dan misinya untuk melestarikan dan mengambangkan Seni  Budaya Indonesia.
———————————-
Sekilas mengenai Mitra Seni Indonesia (MSI)

Mitra Seni Indonesia (MSI) adalah perkumpulan yang bersifat nirlaba dan non politik dan berbadan hukum.  MSI didirikan pada tanggal 9 Agustus 2007.

MSI merupakan wadah bagi pemerhati atau pencinta dan pelaku seni untuk bersama2  mengembangkan talenta  dalam berkesenian.

Mitra Seni  Indonesia didirikan oleh Ir.Sanyoto Sastrowardoyo (alm), ibu Susrinah Sanyoto dan Ibu Sri Harmoko. Saat ini anggota MSI berjumlah hampir 896 orang.

Mitra Seni Indonesia memiliki berbagai kelompok pelatihan diantaranya angklung,arumba,  kolintang dan tangklung, paduan suara, seni lukis, karawitan, tari tradisional, line dance olah vokal dan terbuka bagi masyarakat yang mencintai seni. (Lka)

 

TAGS : MSI

Artikel Terkait