Nasional

Indonesia Bawa Pulang Rp.23,3 triliun dari China-ASEAN EXPO (CAEXPO) ke-19 di Nanning

Oleh : luska - Sabtu, 24/09/2022 12:06 WIB

Beijing, INDONEWS.ID – Indonesia berpartisipasi dalam pameran tahunan China￾ASEAN Expo (CAEXPO) ke-19, tanggal 16–19 September 2022 di Nanning, Tiongkok. 

Pameran berlangsung di tengah mitigasi pandemi COVID-19 dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Kehadiran Pemerintah Indonesia diwakili oleh KBRI Beijing, KJRI Guangzhou, Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing dan ITPC Shanghai.
CAEXPO ke-19 dibuka oleh Wakil Dewan Negara RRT, Han Zheng, yang dalam kesempatan ini menyampaikan pernyataan Presiden Xi Jinping yang menekankan pentingnya mempromosikan kerjasama Tiongkok-ASEAN yang saling menguntungkan dengan disertai pengembangan hubungan bilateral yang berkelanjutan.

Han Zheng juga menekankan pentingnya memanfaatkan peluang baru dalam implementasi Regional  Comprehensive Economic Partnership (RCEP) mengingat tahun ini merupakan tahun pertama kemitraan strategis tersebut di implementasikan.

Partisipasi Indonesia dalam kegiatan ini diarahkan untuk mendorong peningkatan kerja sama bilateral di sektor perdagangan, pariwisata dan investasi (TTI), termasuk pengenalan lebih mendalam pada potensi produk unggulan Indonesia. Partisipasi Indonesia juga dalam kerangka antisipasi semakin meningkatnya dinamika ASEAN-RRT setelah 
ditandatanganinya RCEP serta untuk menjaga momentum ASEAN sebagai mitra dagang utama RRT. Dalam kaitan ini, Indonesia masih banyak memiliki potensi produk untuk diekspor ke RRT dalam konteks menjaga keseimbangan nilai perdagangan RI-RRT.

Perwakilan usaha Indonesia diwakili oleh 15 perusahaan yang terdiri dari distributor atau 
perwakilan perusahaan Indonesia di RRT, tampilkan perhiasan, makanan dan minuman, produk pertanian dan kerajinan tangan dalam Paviliun Indonesia (PI) yang terletak di Hall 13 dengan luas 270 m2 PI dibagi menjadi Paviliun Komoditas seluas 180 m2 dan Paviliun Nasional seluas 90 m2. Adapun Paviliun Nasional mengusung desain modern bernuansa merah putih dengan dihiasi corak etnik yang mencerminkan perpaduan budaya Indonesia dan Tiongkok yang di dalamnya tampilkan produk unggulan dan potensial yang diproduksi oleh pelaku usaha UKM binaan Bank Indonesia yang berasal dari berbagai 
Propinsi di Indonesia, informasi dan pengenalan produk pelaku UKM yang terhimpun dalam website INAEXPORT, dan platform e-commerce IDNSTORE, serta panggung penampilan seni dan budaya Indonesia. 

Nilai akumulasi transaksi dari direct selling (B2C), B2B dan MoU Investasi selama kegiatan ini mencapai Rp23,3 triliun. Paviliun Komoditi terdiri dari beberapa zona, yakni perhiasan, makanan dan minuman, produk pertanian dan kerajinan tangan.

Sementara Paviliun Nasional menampilkan pertunjukan kebudayaan berupa perpaduan seni tari tradisional dan musik gamelan khas nusantara. Selain itu, Paviliun Indonesia juga memberikan informasi potensi perdagangan, investasi dan pariwisata di Indonesia serta informasi mengenai
Trade Expo Indonesia yang akan diselenggarakan secara offline pada tanggal 19 s/d 23 bulan Oktober 2022 dan secara online pada tanggal 19 Oktober s/d 19 Desember 2022. 

Dalam rangkaian CAEXPO ke-19, Indonesia juga turut hadir dalam beberapa forum investasi dan perdagangan seperti 2022 ASEAN Media Partners Forum, CEEC's Forum on Green and Low-Carbon Development, China (Henan) - RCEP Member States Economic and Trade Conference for Sharing and Opening Up, China-ASEAN Infrastructure  Connectivity and Regional Economic & Trade Cooperation Forum, China-ASEAN Production and Investment Cooperation Forum, The 5th China-ASEAN Information Harbor Forum, The 19th CAEXPO Roundtable Meeting on Investment Cooperation, dan Hebei Major Industries and Projects Promotion Conference.
 

TAGS : Beijing

Artikel Terkait