Nasional

Di Bogor, PNM Gelar PKU Bagi Nasabah

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 21/03/2023 18:24 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani atau PNM Cabang Bogor, kembali menggelar program tahunan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) akbar di Gedung Braja Mustika pada Selasa (21/3/2023).

Sebanyak 1000 nasabah pelaku usaha ultra mikro Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar) turut aktif dalam PKU kali ini.

Kepala PNM Cabang Bogor, Turmuzi mengatakan PKU merupakan pelatihan rutin yang digelar dengan tujuan mengembangkan usaha para pelaku UMKM. Pendampingan terus dilakukan hingga mereka bisa naik kelas.

“PNM tidak hanya memberikan modal finansial namun juga modal sosial dan intelektual lewat pelatihan dan pendampingan. Biasanya ratusan saja, tapi spesial hari ini 1000 peserta,” ujar Turmuzi.

Para peserta mendapatkan materi mengenai literasi dan pengelolaan keuangan. Sebab, kata Turmuzi banyak pelaku UMKM yang belum memiliki pengelolaan keuangan yang baik, dan masih tercampurnya kebutuhan pribadi dengan modal usaha. Hingga kini PT PNM sudah memiliki nasabah di Kota Bogor sebanyak 53 ribu orang.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji mengapresiasi langkah PNM. Menurutnya, PKU sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM.

“Karena mereka bukan hanya butuh bantuan dana, namun juga pendampingan serta peningkatan skill. PKU jadi salah satu solusinya, sehingga mereka bisa meningkatkan kualitas produk yg dihasilkan,” tuturnya.

Kusmana mengungkapkan, saat ini perkembangan UMKM di Jawa Barat mulai kembali bangkit. Sejumlah program yang digulirkan pihaknya kembali memicu tumbuhnya pelaku usaha.*(radarbogor)

Artikel Terkait