Nasional

IPB University dan Chiba University Jepang Kerja Sama Gelar Summer Course Landskap Tropis Indonesia

Oleh : very - Sabtu, 25/03/2023 15:36 WIB

Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian IPB University bekerja sama dengan Chiba University Jepang menyelenggarakan program The 1st Summer Course in Indonesia Tropical Landscape dengan tema ‘Culture, Biodiversity and Conservation in Indonesia Tropical Landscape’. (Foto: Ist)

Bogor, INDONEWS.ID - Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian IPB University bekerja sama dengan Chiba University Jepang menyelenggarakan program The 1st Summer Course in Indonesia Tropical Landscape dengan tema ‘Culture, Biodiversity and Conservation in Indonesia Tropical Landscape’, belum lama ini.

“Acara ini menyajikan keragaman keindahan lanskap tropis Indonesia, khususnya Jawa Barat untuk diperkenalkan kepada mahasiswa internasional,” terang Ketua Departemen Arsitektur Lanskap IPB University, Dr Akhmad Arifin Hadi dalam acara Welcome Dinner melalui siaran pers di Jakarta pada Sabtu (25/3).

Selain mahasiswa IPB University, summer course ini juga diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi luar negeri antara lain Chiba University Jepang, Universiti Teknologi Malaysia, Southeast University China Taipei, Gyeongsang National University, Jeonbuk National University, Tokyo University of Marine Science and Technology dan University of the Philippines Diliman.

Kegiatan yang disponsori oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini berlangung selama 9 hari dengan 4 lokasi yang dikunjungi, yaitu Kampus IPB University, Kebun Raya Bogor, Kampoeng Wisata Cinangneng dan Tanjung Lesung.

“Kegiatan ini dapat meningkatkan koneksi dengan universitas-universitas mitra kelas dunia. Pada program summer course ini, mahasiswa mengikuti Studium Generale dan excursion di lapang dengan jumlah jam aktif 90 jam, setara dengan 2 satuan kredit semester (sks),” ungkap Dr Akhmad Arifin Hadi.

Ketua Panitia Summer Course, Dr Prita Indah Pratiwi dalam Opening Ceremony menyampaikan, melalui summer course ini mahasiswa dapat memperoleh wawasan dan pengalaman. Para peserta juga dapat mengenal dan memahami terkait lanskap budaya setempat, biodiversitas dan konservasi yang dikaitkan dengan teori dan praktik melalui excursion di Bogor dan sekitarnya.

Pelaksana tugas (Plt) Dekan Fakultas Pertanian, Prof Suryo Wiyono membuka secara resmi The 1st Summer Course in Indonesia Tropical Landscape. Turut hadir narasumber, para pakar di bidang Arsitektur Lanskap, yaitu Prof Tatsuaki Kobayashi (Chiba University Jepang) Prof Hadi Susilo Arifin, Dr Andi Gunawan dan Dr Bambang Sulistyantara (IPB University).

“Acara ini penting untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan budaya di antara para peserta,” ujar Prof Kobayashi.

Sementara, Wakil Rektor IPB University bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni, Prof Iskandar Z. Siregar mengatakan, “IPB University perlu memelihara hubungan dengan universitas mitra dalam hal pertukaran mahasiswa dan menciptakan hubungan dengan mitra universitas internasional yang baru,” jelasnya.

Penyelenggaraan The 1st Summer Course in Indonesia Tropical Landscape juga merupakan bentuk dukungan Departemen Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian IPB University terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) pada indikator Sustainable Cities and Communities, Quality Education dan Partnership For The Goals. Closing Ceremony juga dimeriahkan dengan cultural performance yang ditampilkan oleh tim peserta dari keenam negara. ***

Artikel Terkait