INDONEWS.ID

  • Jum'at, 20/04/2018 21:29 WIB
  • Ini Penjelasan Menristekdikti Soal Polemik Impor Dosen

  • Oleh :
    • hendro
Ini Penjelasan Menristekdikti Soal Polemik Impor Dosen
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meluruskan polemik persoalan ada impor dosen

Jakarta,INDONEWS.ID- Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meluruskan polemik persoalan ada impor dosen yang selama ini bergulir diberbagai kalangan.

Menurut Nasir, tidak benar akan ada impor dosen besar-besaran. Yang ada adalah pertukaran dosen antara Indonesia dan luar negeri.

Baca juga : Sambangi Kota Jambi, Ini Pesan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim

“Tidak ada impor dosen. Jangan berpikir ini seperti impor barang,” tegasnya saat ditanya INDONEWS usai membuka acara Indonesia Science Day (ISD) di Taman Mini Indonesia Indah, Jumat (20/4/2018).

Menteri Nasir mengatakan, program pertukaran dosen dilakukan untuk meningkatkan mutu dan peringkat perguruan tinggi tanah air.  “Perguruan tinggi di Indonesia ingin masuk kelas dunia, bagaimana caranya? Di dalam QS World University Rankings, salah satu kriteria penilaian di antaranya, adakah dosen yang mobility, dosen kita ke luar negeri, dosen luar negeri ke Indonesia, itu ada enggak? Kalau enggak ada bagaimana bisa dinilai dengan baik. Demikian pula mahasiswanya, pertukarannya bukan di dalam negeri saja karena ilmu pengetahuan berkembang. Mahasiswa Indonesia ke luar negeri, demikian sebaliknya,” ujar Menteri Nasir.

Baca juga : Ketua Ombudsman Amzulian Rifai Sebut Kemenristekdikti Kementerian Paling Membangkang

Menteri Nasir menjelaskan, mendatangkan dosen asing itu maksudnya mereka berkolaborasi dengan para dosen lokal. Nantinya para dosen dari luar negeri akan berada di Indonesia 1-2 tahun, membimbing pelajar Indonesia, setelah itu mereka kembali ke negara asalnya.  Nanti ganti dosen Indonesia yang dikirim ke luar negeri. (hdr)

Baca juga : 5 Tahun Jabat, Nasir Ungkap Upaya Benahi Sistem Birokrasi di Kemenristekdikti
Artikel Terkait
Sambangi Kota Jambi, Ini Pesan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim
Ketua Ombudsman Amzulian Rifai Sebut Kemenristekdikti Kementerian Paling Membangkang
5 Tahun Jabat, Nasir Ungkap Upaya Benahi Sistem Birokrasi di Kemenristekdikti
Artikel Terkini
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas