INDONEWS.ID

  • Sabtu, 28/04/2018 11:32 WIB
  • Jurus DFSK Belajar dari Kekurangan di Masa Lalu

  • Oleh :
    • very
Jurus DFSK Belajar dari Kekurangan di Masa Lalu

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Sokonindo Automobile (DFSK) merupakan perusahaan merek mobil pendatang baru yang berasal dari China. Keseriusan menggarap pasar otomotif nasional, mereka buktikan dengan membangun pabrik, hingga mendirikan jaringan penjualan dan bengkel.

Menurut Alexander Barus, CO-CEO PT Sokonindo Automobile (DFSK) sekarang ini jumlah diler baru ada sekitar 30 di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca juga : Bamsoet Dorong Perusahaan Otomotif Jepang Kembangkan Kendaraan Listrik di Indonesia

Jumlah tersebut akan terus ditingkatkan lagi.Untuk itu,  pihaknya menginvestasikan 150 US dollar. 

"Target kami total punya 80 diler sampai akhir tahun ini. Di seluruh wilayah Indonesia," kata Alexander, di Jakarta Selatan, Kamis (26/4/2018) malam.

Pria yang biasa disapa Aleks ini mengatakan, bukan hanya di kota besar, tapi juga pihaknya akan membuka diler hingga ke pelosok tanah air. Hal itu dilakukan agar seluruh masyarakat Indonesia bisa memiliki produk DFSK yang punya kualitas tinggi dan fitur belimpah.

Dia mengklaim, pihaknya tidak hanya memproduksi dan menjual produk saja, tetapi juga menyediakan layanan aftersales dan lain sebagainya untuk konsumen.

Alex menambahkan, rencana ke depan bukan hanya di Jakarta tetapi seluruh kota besar di Indonesia akan didatangi untuk memperkenalkan Glory 580 kepada masyarakat luas.

"Kita juga harus rajin memperkenalkan Glory 580 ke luar kota. Rencana kita setiap kota besar akan dilakukan peluncuran, jadi lebih tersebar," ujar Alex.

 

Kembalikan Citra Negatif

Masa-masa kelam merek otomotif asal China di dalam negeri coba dirapihkan oleh para pemain-pemain baru. Pihaknya menggelontorkan dana triliunan rupiah sebagai modal awal untuk mengembalikan citra negatif.

DFSK (Dongfeng Sokon) dan Sokon nama-nama lain setelah Wuling sebagai sang pembuka jalan. Mereka tidak mau gegabah untuk sekadar menjual produknya. Karena itu, mereka akan fokus juga pada layanan purna jual.

“Meski sudah diperkenalkan sejak lama, banyak yang bilang kenapa tak kunjung dipasarkan (Glory 580). Kami belajar dari kendaraan China di masa lalu itu, di mana kita beli tapi tidak tahu perbaiki di mana,” kata Alexander.

Karena itu, pihaknya akan mempersiapkan semua dealer yang bisa melayani purna juga. “Jadi saya katakan, nanti orang ingin perbaiki tidak ada bengkel dan suku cadang, jadi jangan dahulu dijual. Karena itu, kami akhirnya persiapkan itu semua (dealer) baru  kami jual,” kata Alexander.

Total delaer yang dimiliki DFSK dan Sokon sudah mencapai 30 titik, di mana pada tiga bulan ke depannya sudah akan berdiri sampai 50 dealer.

“Ini berbeda, di mana kami mengeluarkan investasi sekarang ini, sementara kalau dulu hanya impor motor dan jual saja. Kami tidak mau hit and run, dan harus siap semua,” kata Alexander. 

Artikel Terkait
Bamsoet Dorong Perusahaan Otomotif Jepang Kembangkan Kendaraan Listrik di Indonesia
Artikel Terkini
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas