INDONEWS.ID

  • Selasa, 15/05/2018 09:56 WIB
  • Nanti Sore Direncanakan Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat

  • Oleh :
    • hendro
Nanti Sore Direncanakan Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat
ilustrasi saat mengamati hilal (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID -  Direncanakan Sore nanti, Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal bulan Ramadan 1439 Hijriah di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar), Juraidi, pihaknya menetapkan kapan umat Muslim Indonesia akan mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan melalui mekanisme sidang isbat .

Baca juga : Kemenag Minta Masyarakat Jangan Membabi Buta Boikot Semua Produk Terafiliasi Israel

"Iya betul, sidang isbat digelar sore ini di Kemenag," kata Juraidi  di Jakarta. Selasa (15/5/2018).

Juraidi menjelaskan, proses sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari tim hisab dan rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1439 Hijriah.

Baca juga : Menteri PANRB Apresiasi Kemenag Satukan Ribuan Aplikasi

Sementara itu, adapun proses sidang isbatnya dijadwalkan berlangsung setelah salat Magrib di lantai tiga Kemenag, setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Setelah itu, kata Juraidi, hasil rukyatul hilal dan hisab posisi hilal awal Ramadan 1439 H akan dimusyawarakan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1439 H.

Baca juga : Muhamadiyah Lebaran Besok, Pemerintah dan NU Lebaran Sehari Kemudian

"Sidangnya tertutup, sebagaimana isbat awal Ramadan dan awal Syawal tahun lalu. Hasilnya, disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang," ujarnya.

Lebih lanjut Juraidi mengatahkan, Kementerian Agama akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadan 1439 H di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten dan Kota yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam, serta instansi terkait setempat.

Selain itu, Juraidi menambahkan,  dalam sidang isbat nanti direncanakan akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab, dan Rukyat Kementerian Agama. (hdr)

Artikel Terkait
Kemenag Minta Masyarakat Jangan Membabi Buta Boikot Semua Produk Terafiliasi Israel
Menteri PANRB Apresiasi Kemenag Satukan Ribuan Aplikasi
Muhamadiyah Lebaran Besok, Pemerintah dan NU Lebaran Sehari Kemudian
Artikel Terkini
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
PTPN IV Regional 4, Bangun Tempat Wudhu Masjid Tuo
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas