INDONEWS.ID

  • Sabtu, 19/05/2018 21:28 WIB
  • KLHK Antisipasi Karhutla Jelang dan Selama Asian Games 2018

  • Oleh :
    • luska
KLHK Antisipasi Karhutla Jelang dan Selama Asian Games 2018
KLHK rapat antisipasi Karhutla jelang AsianGames 2018.(Ist)

Jakarta,INDONEWS.ID - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), siap mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2018 menjelang pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Hal tersebut menjadi pesan penting yang disampaikan Menteri LHK, Siti Nurbaya dalam pembukaan Rapat Penanganan Krisis Karhutla yang diselenggarakan di Ruang Rapat Utama, Gedung Manggala Wanabakti, Jumat (18/05/2018).

Baca juga : KLHK: Pidana Penjara dan Denda bagi Pelaku Emisi

Dalam arahannya, Menteri Siti meminta para pihak agar memahami bahwa masalah karhutla adalah masalah reputasi negara apalagi menjelang perhelatan Asian Games ke-18 di Jakarta-Palembang pada Bulan Agustus 2018.

“Jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan ketika Asian Games ke-18 berlangsung. Kita harus menjaga reputasi negara sehingga semua wilayah harus dijaga dari karhutla, tidak hanya di Palembang,” tegas Siti.

Baca juga : KLHK Bakal Uji Emisi Kendaraan, Siti Nurbaya Ungkap Denda Kendaraan yang Belum Lulus

Siti Nurbaya juga meminta kepada jajarannya terutama Pejabat Eselon I agar dapat mengarahkan Unit Pelaksana Teknis (UPT) sebagai struktur organisasi di lapangan untuk lebih perduli pada kegiatan pengendalian karhutla.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, KLHK, Raffles B. Panjaitan, mengungkapkan bahwa kegiatan patroli terpadu antara masyarakat, TNI dan Polri di provinsi-provinsi rawan karhutla dinilai cukup efektif menekan potensi karhutla. Disisi lain, perhelatan Asian Games tahun ini diprediksi oleh BMKG berbarengan dengan puncak musim kemarau dan adanya peluang terjadinya El Nino di Indonesia, hal ini dikhawatiran akan meningkatkan potensi kejadian karhutla. Untuk itu Kementerian LHK meningkatkan kesiapsiagaan salah satunya dengan peningkatan sarana dan prasarana pendukung penanggulangan karhutla.

Baca juga : KLHK: Tidak Melakukan Penanganan Hanya Saat Terjadi Kebakaran

“Sarana dan prasarana pengamanan dari karhutla akan ditingkatkan untuk mendukung Asian Games ke-18 yang antara lain peralatan komunikasi dan helikopter yang telah dikoordinasikan dengan BNPB, TNI dan Polri”, tegas Raffles. Selain itu, Raffles juga mengungkapkan agenda Pilkada tidak akan menurunkan kesiapsiagaan para pihak dalam pengamanan karhutla.

Sekretaris Jenderal Kementerian LHK, Bambang Hendroyono memaparkan Surat Keputusan Menteri LHK Nomor: SK.224/MENLHK/PPI/PPI.4/5/2018 tentang Penanganan Khusus Krisis Kebakaran Lahan/Hutan dalam Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Dalam Surat Keputusan ini diperintahkan untuk (1) Membentuk Tim Kerja Klarifikasi Pelanggaran Izin Karena Kebakaran Hutan dan Lahan, (2) Membentuk Posko Krisis Kebakaran Lahan/Hutan, (3) Membentuk Tim Kerja Pendamping Daerah, (4) Melakukan datasering personil Manggala Agni dan kelengkapan peralatannya ke daerah-daerah krisis,” terang Bambang.

Menutup rapat tersebut, Siti Nurbaya menegaskan kembali kepada semua unit Eselon I untuk memberikan perhatian pada Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan khususnya Kabupaten Luwu, Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Morowali, dan Papua khususnya kabupaten Merauke.

“Paramater kualitas udara merupakan informasi yang sangat penting untuk mengetahui kondisi cuaca suatu wilayah, sehingga harus dipantau setiap hari di posko pada setiap provinsi rawan kebakaran hutan dan lahan,” tambah Siti.

Rapat dihadiri seluruh pejabat Pejabat Eselon I, Staf Khusus Menteri, Tenaga Ahli Menteri, wakil Kementerian Pertanian, wakil Kementerian ATR/ BPN serta para Direktur/Kepala Pusat Lingkup Kementerian LHK.

Artikel Terkait
KLHK: Pidana Penjara dan Denda bagi Pelaku Emisi
KLHK Bakal Uji Emisi Kendaraan, Siti Nurbaya Ungkap Denda Kendaraan yang Belum Lulus
KLHK: Tidak Melakukan Penanganan Hanya Saat Terjadi Kebakaran
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas