INDONEWS.ID

  • Sabtu, 02/06/2018 17:20 WIB
  • Sebanyak 17 OKP Nasional Deklarasi Melawan Radikalisme dan Terorisme

  • Oleh :
    • very
Sebanyak 17 OKP Nasional Deklarasi Melawan Radikalisme dan Terorisme
OKP Deklarasi Melawan Terorisme dan Radikalisme. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, 17 Organisasi Mahasiswa dan Pemuda melaksanakan Mimbar Pancasila dan Deklarasi Mahasiswa dan Pemuda Melawan Radikalisme dan Terorisme. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis sore, 31 Mei 2018 di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

Baca juga : Miliki Visi, Misi dan Integritas, Forum FASI Deklarasi Dukungan untuk Ganjar-Mahfud

"Saudara-saudara, Indonesia adalah rumah kita dan kita pemilik sah tanah tumpah darah ini. Maka tak boleh ada kata menyerah di hadapan ujaran kebencian, intoleransi, radikalisme, dan terorisme yang ingin mencaplok Indonesia dari kita. Tidak boleh ada kata diam di saat Pancasila, yang merupakan falsafah hidup bangsa Indonesia, sedang menghadapi ancaman ideologi-ideologi trans-nasional yang sedang beroperasi di Indonesia secara terstruktur, sistematis dan masif," ujar Irfan Ahmad Fauzi, Ketua Umum PP Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) yang memberikan pengantar di awal deklarasi. 

Irfan menjelaskan bahwa organisasi mahasiswa dan pemuda ini tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Indonesia yang terdiri dari 17 organisasi yakni PMII, GMKI, KAMMI, GMNI, GPII, Pemuda Muslimin, GEMA MA, IMM, HIMMAH, LMND, Hima Persis, KMHDI, PMKRI, IPTI, SEMMI, HMI, HIKMAHBUDHI.

Baca juga : Deklarasi Damai Pemilu 2024 di Kabupaten Maybrat: Pj Bupati Benhard Rondonuwu Mendorong Partisipasi dan Keamanan

Dalam deklarasi tersebut, semua pimpinan organisasi menyatakan bahwa mahasiswa dan pemuda Indonesia mengecam keras setiap aksi teror, ujaran kebencian, tindakan intoleran, dan penyebaran paham-paham radikal yang membunuh martabat kemanusiaan, memicu keresahan dan kecurigaan di tengah masyarakat. 

Para Ketua Umum organisasi juga menyampaikan akan bersatupadu melawan ujaran kebencian, tindakan intoleransi, serta paham radikalisme dan terorisme yang sedang menjangkiti generasi muda.

Baca juga : Tak Muncul di Deklarasi Minggu Malam, Gerindra: Prabowo-Gibran Segera Tampil di Hadapan Publik

"Kami Mahasiswa dan Pemuda Indonesia  yang tergabung dalam 17 Organisasi Nasional ini akan memastikan bahwa tidak ada warga dari organisasi kami, baik anggota, pengurus, ataupun alumni, yang terlibat dalam tindakan intoleransi, ujaran kebencian, ataupun penyebaran paham-paham radikal dan gerakan terorisme yang ingin mengubah NKRI dan ideologi Pancasila," tegas para Ketua Umum.

Selanjutnya, para mahasiswa dan pemuda Indonesia meminta para pemimpin publik, pejabat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan partai, pimpinan lembaga pendidikan dan organisasi masyarakat agar selalu setia menjunjung tinggi Pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah hidup berbangsa dan bermasyarakat serta tidak mengeluarkan kebijakan ataupun pernyataan yang dapat memecah-belah masyarakat.

Dalam poin deklarasi terakhir, 17 OKP Nasional ini menyatakan akan terlibat aktif dalam mewujudkan proses demokrasi Indonesia yang sesuai nilai-nilai Pancasila, yakni Pilkada dan Pemilu yang bersih dan damai, tanpa adanya politik uang dan politik kebencian karena perbedaan Suku, Agama, Ras, dan Golongan serta akan bahu-membahu untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Mimbar Pancasila dan Deklarasi ini dihadiri 400an mahasiswa/pemuda dan berlangsung selama 1,5 jam. Kegiatan dilanjutkan dengan Doa Lintas Agama untuk Persatuan Bangsa yang dipimpin perwakilan pengurus HMI, PMKRI, dan KMHDI. Kemudian para mahasiswa dan pemuda menutup kegiatan deklarasi ini dengan buka puasa bersama dan ramah tamah. (Very)

 

Artikel Terkait
Miliki Visi, Misi dan Integritas, Forum FASI Deklarasi Dukungan untuk Ganjar-Mahfud
Deklarasi Damai Pemilu 2024 di Kabupaten Maybrat: Pj Bupati Benhard Rondonuwu Mendorong Partisipasi dan Keamanan
Tak Muncul di Deklarasi Minggu Malam, Gerindra: Prabowo-Gibran Segera Tampil di Hadapan Publik
Artikel Terkini
Terinspirasi Langkah Indonesia, Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR
Ketua KIP: Pertamina Jadi `Role Model` Keterbukaan Informasi Publik di Sektor Energi
Kemendagri Intruksikan Pemprov Kaltara Percepat Pembangunan Daerah Berbasis Inovasi
Semangat Kartini dalam Konteks Kebangsaan dan Keagamaan Moderen
Kementerian PUPR Tuntaskan Pembangunan Enam Titik Sumur Bor Bertenaga Matahari di Mamuju
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas